Oting Kembali Jabat Disdikbud Cianjur?

Plt Kadisdikbud Kabupaten Cianjur.

RADARCIANJUR.com – Belum satu bulan penuh, posisi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur yang diisi Budi Rahayu diganti. Penggantinya bukan orang baru di jajaran pemerintahan Kabupaten Cianjur. Ya, saat ini nama Oting Zaenal kembali disebut karena menduduki kursi Plt Kadisdikbud Kabupaten Cianjur.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, Oting sebelumnya menduduki kursi Staf Ahli Bupati. Apabila dibandingkan dengan posisi Budi sebagai Asda III, jelas porsi jabatan definitif Oting sebagai Staf Ahli Bupati relatif lebih ringan.

Menurutnya, penunjukkan jabatan Kadisdikbud dipilih oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur, Aban Sobandi. “Jabatan tersebut hanya Plt saja. Kalau definitif itu dilantik oleh saya. Saya berharap Cianjur tetap kondusif,” ujarnya, tadi malam.

Hal senada diungkapkan Sekda Aban. Menurutnya, komposisi tugas Budi Rahayu terbilang cukup kompleks dan banyak. Ia mengaku, penujukkan Oting kembali ke bangku pemerintahan sudah berdasarkan ragam kriteria dan perhitungan matang. “Sosoknya (Oting, red) sangat terpercaya dan berpengalaman. Kita semua tahu, saat ini Disdik tengah jadi sorotan segenap pihak,” tuturnya kepada Radar Cianjur.

Sekda menambahkan, Oting memang belum pernah menjabat sebagai Kadisdik. Namun, pengalamannya sebagai Sekda dan Staf Ahli dinilai sangat mumpuni. Apalagi, Oting juga pernah menduduki sejumlah jabatan sebagai kepala dinas tertentu. “Kami berharap, bersama beliau (Oting, red) mampu memulihkan kondisi di internal Disdik serta kembali mendongkrak IPM,” harapnya.

Perlu diketahui, Oting pernah menjadi Sekda Kabupaten Cianjur dan mengundurkan diri pada September 2016. Selama kurun waktu dua tahun hingga saat ini, namanya jarang sekali disebut. Pengunduran dirinya saat itu pun sudah diamini Kepala Badan Kepegawaian saat itu 2016, Cecep Sobandi. Posisinya digantikan oleh Ratu Tri Yulia sebagai Plt Sekda.

(kim/yaz)