Target Tingkatkan Swasembada Beras

TINJAU: Kepala Desa Bunikasih, Memed mengontrol irigasi yang baru selesai dibangun. Foto: Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Memasuki tahun baru, Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang punya semangat baru di bidang pertanian. Targetnya, meningkatkan swasembada beras. Guna mendukung kebutuhan pengairan persawahan masyarakat, Pemdes Bunikasih membangun sarana saluran irigasi.

Kepala Desa Bunikasih, Memed mengatakan, pembangunan irigasi bertujuan meningkatkan produksi pertanian masyarakat, khususnya pengelolaan tanaman padi, di lokasi persawahan masyarakat yang sangat strategis, untuk dikembangkan menjadi sumber peningkatan produksi padi dalam mewujudkan swasembada beras di desa setempat.

Menurutnya, saluran irigasi persawahan ini menjadi tolok ukur dalam memenuhi kebutuhan air persawahan masyarakat sekitar. “Jika saluran air persawahan dapat terpenuhi dengan baik untuk proses pertumbuhan padi dari mulai awal tanam sampai menjelang panen, tentu produksi dihasilkan semakin meningkat,” katanya.

Pembangunan irigasi tersebut, kata dia, sebagai upaya pendampingan, agar pada saat musim tanam saluran irigasi bisa berfungsi secara maksimal untuk mengairi sawah. “Allhamduliah pembangunan irigasi ini bisa diselesaikan dengan cepat. Air sudah mengalir untuk pengolahan lahan maupun saat tanam padi,”pungaksnya.

(dil)