Sikat Habis APK Yang Membandel

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR DITERTIBKAN: Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) tengah ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja dan Panitia Pengawas Pemilu.

RADARCIANJUR.com– Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cipanas gencar melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2019 mendatang yang telah melanggar aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pantauan dilapangan, Anggota Satpol PP dan Panwascam menyisir sejumlah titik yang menjadi lokasi pemasangan APK yang melanggar di wilayah Kecamatan Cipanas.

Ketua Panwaslu Kecamatan Cipanas, Muhammad Azis mengatakan, penurunan propaganda yang melanggar ini di antaranya spanduk yang melintang di jalan, dipasang di pohon, dan tiang listrik.

“Penurunan APK itu karena melanggar Perda dan surat dari KPU Kabupaten Cianjur, yang tidak sesuai dengan penempatannya, atau di luar zona yang sudah ditentukan,” ujar Azis.

Ia menuturkan, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Cianjur nomor 275/5.232/ Satpol PP tanggal 04 Oktober 2018 dan surat PKPU nomor 23 tahun 2018 terkait zona pemasangan APK Pemilu 2019.
Menurutnya, sudah perintah dari PKPU dan jelas sekali aturannya.

“Kami akan tertibkan semuanya yang memang melanggar aturan. Baik spanduk, baliho, poster-poster, dan bendera partai politik,” tegasnya.

Kegiatan penertiban APK tersebut, lanjut Azis dilakukan disepanjang wilayah Cipanas yang dibagi dua kelompok. Ke arah Desa Ciloto, dan Batulawang, serta ke arah Cimacan, sindanglaya, Sindangjaya dan Cipanas.

“Jumlah personel pun, selain dengan anggota Satpol PP, ada juga dari Polsek Pacet, serta TNI, dan PPK Cipanas,” tambahnya.

Untuk data yang diterbitkan, dikatakan Azis, belum terdata secara valid. Hanya intinya beberapa bendera, dan baliho yang dipasang di daerah melanggar diterbitkan.

“Diharapkan, untuk peserta Pemilu, pemasangan APK harus sesuai regulasi yang ditetapkan KPU. Serta tidak melanggar Kebersihan, Keindahan, dan Ketertiban wilayah,” tandasnya.

(dan)