Pengrajian Perahu Fiberglass Minta Perhatian

FOTO: Anda Suhanda For Radar Cianjur ALTERNATIF: Perahu yang terbuat dari fiberglass menjadikan salah satu bahan alternatif pengganti bahan kayu yang lebih efisien dan tahan lama.

RADARCIANJUR.com – Anda Suhanda (60) warga Jalan Stekmal Kampung Gelar RT2/15, Kelurahan Pamoyanan, ini telah menekuni dunia perkapalan dari tahun 1984 hingga 1995. Sebelumnya, Anda merupakan perencanaa dan design perahu besar di Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), yang pernah di tempatkan di Pal Surabaya selama kurun waktu 11 tahun.

Sehabis masa tugasnya di Pal Surabaya, dirinya mulai menggeluti perahu dengan ukuran kecil, dari daerah ke daerah lain dari mulai Aceh, Sulawesi Tenggara hingga Jawa Tengah. Hasil karyanya, sangat diapresiasi oleh setiap daerah yang disinggahinya, beberapa pengerajin perahu sangat antusias untuk mengikuti setiap pelatihan yang diberikan.
“Sebelumnya saya bertugas di BPPT yang di tempatkan di Pal Surabaya dari tahun 1984 sampai 1995, beres tugas baru saya ditugaskan ke setiap daerah, dengan dibiayai BPPT untuk memberikan pelatihan mengenai perahu kecil dengan bahan fiberglass,” ungkapnya.

Ketika kembali ke Cianjur, mulailah memberikan arahan kepada setiap pengerajin perahu, dibeberapa daerah seperti, Cianjur Selatan dan Jangari. Namun, tak mudah mendapatkan gayung bersambut, dari para pengerajin, rata-rata dari sekian banyak orang yang diberikan pelatihan, hanya dua orang yang mampu menerapkan ilmu tersebut.

Tak terhenti di situ saja, demi meyakinkan para pengrrajin dan nelayan, pengkajian terus dilakukan,bahkan membuat sebuat prototipe dengan kapasitas 20 ton.

“Saya lakukan uji coba selama enam bulan berlayar di Samudra Hindia dari Ujung Genteng Sukabumi hingga Cilacap Jawa Tengah dengan kondisi ombak di atas dua meter,” terangnya.

Selama uji coba, beragam rintangan menerjang selama perjalanan dari mulai mesin mati, selama satu hari satu malam dengan terombang ambing di Samudra Hindia hingga akan memasuki perbatasan laut Crismas Australia.

Di sisi lain, penggunaan bahan fiberglass pada perahu bisa sebagai bentuk alternatif, untuk mengurangi penebangan pohon di hutan sebgai bentuk menjaga lingkungan. “Perlu kita ketahui, pembuatan perahu dengan bahan fiberglass ini bisa menjadi salah satu media alternatif untuk menjaga lingkungan jadi tanpa harus melakukan penebangan pohon,” papar pria yang kini memiliki empat orang cucu ini.

Selain itu, ada keunggulan lain dalam penggunaan fiberglass ini, dari mulai perawatan lebih mudah, anti bocor, jangka waktu lebih lama hingga 15 tahun, lebih stabil dan lebih ringan dari perahu berbahan kayu.

Ia berharap Pemkab Cianjur bisa memberikan kemudahan untuk media alternatif ini, sehingga para pengerajin tidak sulit, untuk mendapatkan modal usaha. “Saya dulu pernah mencoba untuk berkoordinasi dengan beberapa dinas, namun tetap saja tak dapat perhatian dan saya hanya melakukan pelatihan kepada para pengerajin perahu tanpa biaya sepeser pun,” ungkapnya.

(kim)