Astakira Rangkul Mantan TKI

FOTO:Hakim/ Radar Cianjur KOORDINASI: Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya Pembaharuan (Astakira Pembaharuan) Cianjur akan lakukan sosialisasi ke setiap desa yang ada di Kabupaten Cianjur dalam menggali keahlian purna Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

RADARCIANJUR.com-Kabupaten Cianjur merupakan salah satu kabupaten dengan penyumbang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang cukup banyak, selain itu beragam keluh kesah pun kerap disampaikan selepasnya bekerja di luar negeri.

Melihat hal tersebut, Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya Pembaharuan (Astakira Pembaharuan) Cianjur tengah melakukan pemberdayaan terhadap para purna TKI. Pemberdayaan yang dilakukan adalah dengan menggali potensi yang dimiliki oleh setiap purna TKI dengan beragam keahlian.

Astakira Pembaharuan sendiri hanya menjadi salah satu fasilitator untuk memandirikan purna TKI, agar bisa lebih menghidupkan usaha di daerah serta negara sendiri dibanding harus kembali bekerja di luar negeri. “Kita ini hanya ingin purna TKI ini bisa mengembangkan keahlian yang dimiliki agar menjadi mandiri dan bisa membuka usaha dengan meningkatkan perekonomian di daerah juga di negara sendiri serta tidak perlu lagi pergi ke luar negeri untuk bekerja,” ujar Ketua Astakira Pembaharuan Cianjur, Ali Hildan.

Rencana kerja ini juga bisa menjadi cerminan bagi para calon TKI agar bisa lebih menggali potensi yang dimiliki, sehingga tidak harus pergi bekerja hingga ke negeri orang.

Selain itu, ini juga bisa lebih menekan angka Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang saat ini marak terjadi. “Kita hanya memfasilitasi saja itu kan kembali kepada hak masing-masing, jadi kita tidak bisa melarang untuk tidak boleh menjadi TKI tapi kita juga menekan angka terjadinya TPPO,” papar pria yang biasa disapa Najib ini.

(kim)