Cetak Siswa Lebih Mandiri dan Sukses

RADARCIANJUR.com– Demi memajukan kualitas pendidikan, SMKN 1 Cipanas terus melakukan inovasi dengan beberapa perguruan tinggi. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid.

Kepala SMKN 1 Cipanas, Bambang Ronny menuturkan, saat ini siswa SMKN 1 Cipanas berjumlah 1.653 siswa, mereka terbagi kedalam 48 rombongan belajar. Untuk jurusan sendiri ada teknik kendaraan ringan, agribisnis pengolahan hasil pertanian, perhotelan, serta jurusan lainnya.

“Untuk memajukan kualitas sekolah, kami melakukan berbagai langkah. Salah satunya kami
menjalin kerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid,” paparnya didampingi Wakil Kepala SMKN 1 Cipanas, Faisal Sandi.

Dijelaskannya, jalinan kerjasama tersebut tertuang dalam MoU. Program kerjasama itu yakni untuk siswa/siswi jurusan perhotelan setelah lulus bisa ikut langsung D1, dengan pembelajaran magang selama tiga bulan di sekolah dengan diklat kompetensi keahilan, sesudah diklat mereka mengikuti uji kompetensi.

“Setelah itu mereka enam bulan magang, dilanjutkan dua bulan kuliah di Jakarta. Hingga akhirnya mereka lulus bisa langsung bekerja,” papar Bambang.

Menurutnya, dengan program kerjasama tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan. Sehingga siswa yang baru lulus bisa profesional dalam keahliannya dan siap bekerja.

“Perlu diingat, keberadaan SMK ini bukan meluluskan saja, tetapi menyalurkan siswa bekerja, melanjutkan untuk kuliah, ataupun menjadi pengusaha unggul serta sukses,” ujarnya.

Selain dengan STP Sahid, pihaknya pun bekerjasa dengan berbagai perusahaan lain. Dengan membuka Axio Class, dan Alfa Class. “Dengan begitu, semoga berbagai kerjasama ini bisa mendorong kemajuan SMKN 1 Cipanas,” tandasnya.

(dan)