Pemdes Sindanglaya Tingkatkan Kapasitas Rt/RW

RADARCIANJUR.com– Upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Sindanglaya gencar melakukan koordinasi dan bersinergi dengan para pengurus desa hingga RT. Hal itupun bertujuan meningkatkan kapasitas para pengurus RT/RW, agar lebih bersinergi menjadi mitra pemerintah dalam melayani masyarakat.

Kepala Desa Sindanglaya, Muchtar mengatakan, dalam peningkatan SDM perlu saling berkoordinasi dan membantu satu sama lain. Baik perangkat desa, juga pengurus Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga (ARWT). Sehingga baik pembangunan, dan kesejahteraan masyarakat lebih terkoordinir.

“Hal ini diharapkan agar bisa sama-sama menyamakan persepsi antara Pemdes dengan pengurus ARWT. Baik Ketua RW, ketua RT, sekretaris, dan bendahara sebagai mitra pemerintah desa dalam melayani masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus ARWT Desa Sindanglaya, Dadan Iskandar menuturkan, dalam perannya sebagai mitra Pemerintah desa, pihaknya akan terus mendukung dan membantu program-program yang sudah dicanangkan oleh Pemdes Sindanglaya.

“Sebetulnya bagaimana caranya agar potensi di Desa Sindanglaya ini bisa meningkat. Baik SDM dan sumber daya alam,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga berfikir Desa Sindanglaya ini bisa terus berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat. Baik RT/RW, Karang Taruna hingga elemen desa lainnya.

“Kami sering bekerjasama dengan Pemerintah Desa dari cara pembinaan para pengurus RT/RW, penyampaian program desa, dan hal sosial lainnya, seperti penanganan sampah,” ungkapnya.

Dikatakannya, salah satu contoh program untuk masalah kebersihan yang ada di Desa Sindanglaya. Pengurus ARWT akan membantu penanganannya hingga lebih baik. Sehingga masalah sampah di kawasan Desa Sindanglaya bisa terorganisir dengan baik.

“Alhamdulillah untuk Pemdes sekarang, masalah sampah sudah bisa diatasi dengan bersinergi dan akan dikelola oleh masing-masing RT, serta kerjasama dengan pihak terkait,” tuturnya.

Pada prinsipnya, menurut Dadan, ARWT Sindanglaya sangat mendukung dan cenderung ke kondusivitas wilayah. Serta membina dan mengarahkan masyarakatnya agar tidak mudah terprovokasi isu-isu yang kurang baik.

“Kita lakukan sesuai Anggaran RT dari program pemerintah kabupaten melalui pemerintah desa. Dan berharap kedepannya semua elemen masyarakat bisa menangani pengelolaan sampah, dan hal lainnya dengan saling koordinasi,” pungkasnya.(dan)