Ciptakan Kesejahteraan Masyarakat

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR KOMPAK: Sejumlah perangkat Desa Ciwalen dan beragam instansi foto bersama usai menggelar rapat.

RADARCIANJUR.com– Pemerintah Desa (Pemdes) Ciwalen Kecamatan Sukaresmi terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya lewat berbagai inovasi. Diantaranya bidang kesehatan, pendidikan, dan olahraga.

Sekretaris Desa Ciwalen, Lukman Suhendar mengungkapkan, dalam peningkatan kapasitas pemberdayaan masyarakat, pihaknya memberikan apresiasi lewat pemberian makanan tambahan kepada anak-anak, insentif guru paud, serta koordinasi masalah kesehatan warga khususnya terkait masalah stunting yang ada di wilayah Desa Ciwalen.

“Di Desa Ciwalen ini masalah stunting termasuk paling dipantau. Padahal kalau dilihat dari segi jumlah, tidak terlalu banyak,” ujar Lukman.

Selain itu, Pemdes Ciwalen pun memberikan insentif kepada 18 guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di wilayah Desa Ciwalen.

“Kami berikan insentif ini kepada guru PAUD yang memang layak dan sudah memiliki SK guru. Tetapi belum begitu banyak, karena terbatasnya anggaran,” kata Lukman.

Lukman berharap, dengan bantuan apresiasi ini, kedepan Pemdes Ciwalen bisa lebih banyak menganggarkan bagi para guru PAUD di wilayahnya. Dengan begitu, menurut Lukman, sedikit besarnya bisa diterima dan bermanfaat.

“Memang hal ini salah satu aturan juga dan program dari Pemerintah pusat, melalui Pemerintah Provinsi dan juga Pemerintah Kabupaten Cianjur,” jelasnya.

Ditambahkan Lukman, untuk program 2018 kemarin, Pemdes sudah banyak merealisasikan sejumlah program pembenahan infrastruktur. Salah satunya pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

“Alhamdulillah Pamsimas sudah dibangun di dua dusun dari tujuh RW. Dan InsyaAllah waktu dekat ini sudah bisa rampung dan dirasakan baik oleh warga. Diharapkan semua yang telah diupayakan ini bisa dirasakan oleh masyarakat. Serta untuk pengelolaan lain pun seperti sampah, kami juga akan segera menangani sampah tersebut dan sebetulnya ini adalah PR kita bersama,” pungkasnya.

(dan)