Tolong, Oman Dambakan Bantuan

RADARCIANJUR.com – Sungguh prihatin dan sedih nasib Oman (78), warga Kampung Sukahurip, RT1/4, Desa Hegarmanah, Kecamatan Sukaluyu. Dia tergolong warga tidak mampu, sehingga tidak mampu mengobati penyakit sudah dideritanya selama bertahun-tahun.

Oman tinggalnya jauh dari kata layak. Terlebih dalam keadaan miskin dan sakit sudah menahun. Harusnya pemerintah melalui dinas terkait bisa peduli, atau peka terhadap warga memang butuh uluran tangan perlu dibantu.

Kapolsek Sukaluyu, AKP Gito mengatakan, sangat wajar. Bila warga menanyakan kemana pemerintah setempat bisa tidak peduli. Bukankah berdasarkan Undang-undang Pasal 34 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945, menyebutkan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

“Kami berinisiatif untuk menolong atau membantu lebih serius, dan langsung mengadakan rapat melalui musyawarah. Artinya, untuk membantu, baik penanganan medis maupun penanganan rumahnya. Kondisinya memang sudah tidak layak huni,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Hegarmanah, Toni mengatakan, sangat merespon baik gagasan disampaikan Kapolsek Sukaluyu. Pihaknya mendukung penuh penuh dan siap membantu. Harus dibantu oleh pihak pemerintah melalui dinas terkait.

“Kalau pihak desa tentunya sangat setuju dan mendukung, dan siap untuk jemput bola. Hanya tinggal bagimana teknisnya dan seperti apa,” ungkapnya.

(mat)