Pemakaman Terkubur Sampah

FOTO:Hakim/ Radar Cianjur BERSIHKAN SAMPAH: Warga Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang melakukan aksi bersih-bersih sampah yang ada di sekitar pemakanan umum Babakan Imbangan Peuntas.

RADARCIANJUR.com-Bau dan kumuh. Itulah saat pertaman kali dilihat dan dirasakan oleh masyarakat Desa Cibulakan RT 01 RW 03 Kecamatan Cugenang saat melihat area pemakaman umum Babakan Imbangan Peuntas tertimbun oleh sampah selama bertahun-tahun.

Warga sangat prihatin atas ketidak peduliaan beberapa orang yang dengan seenaknya membuang sampah sembarangan, terlebih di tempat pemakaman. Melihat hal itu, Kepala Desa Cibulakan, Baden Zaki langsung melakukan pembersihan bersama masyarakat sekitar.

Kebersihan menjadi salah satu program desa yaitu bebas sampah. Tak hanya itu, dirinya pun berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengangkut sampah dengan disediakannya empat kendaraan bak terbuka untuk menggankut sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pasir Sembung.

“Ini sampah sudah bertahun-tahun menumpuk di pemakanam, maka dari itu kita lakukan pembersihan secara bersama-sama dengan warga dan ini juga sesuai dengan program desa yaitu bebas sampah,” ujar Kepala Desa Cibulakan, Baden Zaki.

Kedepannya, warga Desa Cibulakan bisa lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai atau menumpuk hingga sampai menjadi bukit.

Sementara itu, Pemerhati Lingkungan, Dadang Suparman sangat mengapresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh Kades Cibulakan. Baginya, ini patut dicontoh oleh kepala desa lainnya yang mau dan turun langsung bersama warga untuk melakukan pembersihan sampah.

Kerusakan lingkungan akibat sampah sangatlah mengkhawatirkan, efek dari sampah sendiri selain memberikan polusi udara namun bisa memberikan dampak terhadap tumbuhan dan makhluk hidup.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja dari Kades Cibulakan, karena dampak dari sampah sangat lah berbahaya dan patut kita perhatikan serta kita jaga,” terangnya.

(kim)