Laka Lantas di Jabar Meningkat

FOTO:DADAN SUHERMAN/RADAR CIANJUR SIMBOLIS: Wagub Jabar memberikan helm secara simbolis kepada peserta yang datang.

RADARCIANJUR.com-Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang keselamatan berlalu lintas, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar sosialisasi tertib lalu lintas dengan sejumlah anggota Paguyuban Motor Ojek Cianjur (PMOC), Paguyuban Asli Garut (Pasgar), dan Karang Taruna serta Ormas Cianjur, di salah satu hotel di Pacet, Minggu (13/1).

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, kegiatan ini merupakan salah satu akselerasi dari visi misi Jawa Barat yakni ‘Jabar Juara Lahir dan Batin’.

Dalam sosialisasi ini, Pemprov mengharapkan, kecelakaan di jalan raya bisa lebih menurun khususnya wilayah Jawa Barat.

“Maka kami mengadakan pendidikan dan penyuluhan kepada seluruh elemen yang ada di Cianjur, khususnya tentang pentingnya tertib lalu lintas, dan memahami tentang teori ilmu lalu lintas,” kata Wagub usai kegiatan.

Berdasarkan laporan dari berbagai instansi yang berkompeten termasuk dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Kepolisian, bahwa kematian di Jabar yang diakibatkan kecelakaan lalulintas, itu cukup tinggi.

“Terutama 70 persen itu adalah kecelakaan roda dua dan anak muda. Maka kami mengadakan sosialisasi seperti ini,” ujarnya.

Wagub juga berharap, bukan hanya sekedar memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), ataupun membawa STNK, tetapi unsur kehati-hatian harus menjadi karakter bagi semua pengemudi atau masyarakat yang berlalu lintas.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa meminimalisir dampak negatif yang bisa membludaknya kecelakaan dan korban-korban yang lain di jalan raya. Ini merupakan salah satu program kami dari Pemprov Jabar, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat. Dan kami pun pada kesempatan kali ini memberikan helm untuk para peserta,” pungkasnya.

(dan)