Melihat Kedekatan Serma Yaya Bersama Warga Cugenang, Komunikasi TNI dan Warga Sangat Penting

Melihat Kedekatan Serma Yaya Bersama Warga Cugenang, Komunikasi TNI dan Warga Sangat Penting

RADARCIANJUR.com-Kedekatan pribadi Bintara Pembina Desa (Babinsa) 08-05/Cugenang, Serma Yaya Rochmaya bersama warga tidak disangsikan lagi. Ia selalu menyempatkan diri berbincang dengan warga dimana pun berada.

Berbadan tegap dan rambut cepak tak selalu menakutkan. Hal ini pula yang terlihat dari sosok Serma Yaya Rochmaya saat bertemu dengan warga dimana pun berpapasan ataupun berbincang dengan anggota TNI ramah ini.

Ia selalu menghampiri warga siapapun bila bertugas di lapangan. Misalnya saat sedang berkebun atau hal lainnya di Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang. Begitupun saat bertemu dengan wartawan koran ini, Minggu (13/1).

Bukan tanpa alasan dirinya selalu dekat dengan warga, tujuannya hanya ingin membangun komunikasi sosial secara baik saat sedang beraktifitas, salah satunya menghampiri warga sedang berkebun. Setiap kunjunganya itu selalu disambut antusias warga yang tengah asyik bekerja di sawah atau pun di kebun.

Serma Yaya mengatakan, silaturahmi langsung ngobrol dengan warga sudah jadi keseharianya. Sembari bercakap-cakap dengan warga berbagai ungkapan senang dan keluhan pun diungkapkan bercerita padanya.

Melalui terjalinnya komunikasi yang baik, suasana pun menjadi nyaman dan bertambah akrab.”Ya intinya Babinsa itu harus lebih dekat dengan warga. Karena tugasnya kan sehari-hari berada di lingkungan atau pemukiman warga,” kata Yaya yang mengaku selalu menikmati dan mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan.

Dirinya bercerita, komunikasi antara TNI dan masyarakat dirasa sangatlah penting. Sehingga seluruh Babinsa diperintahkan untuk lebih dekat dan hangat dengan warga. Babinsa sendiri adalah ujung tombak untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Ia menambahkan, apa yang dilakukannya adalah bagaimana cara TNI bisa masuk ke lingkungan warga melaksanakan komunikasi sosial dengan warga binaannya. Guna menjalin kedekatan antara TNI dan rakyat, pasti kuat.

“Sangat senang bisa ngobrol dan berbincang-bincang dengan warga, karena silaturahmi itu penting sekali kan,” ujarnya.

Sementara itu, Jajang (40) dan Enah (50) dua orang petani warga setempat memaparkan, awalnya sempat kaget ada Babinsa datang ke ladangnya. Namun setelah sekian lama tujuan kedatangan memberikan sanjungan yang baik dan senang karena bisa lebih dekat dan akrab.

“Sangat baik dan santun, ada salah seorang TNI bisa menyempatkan waktu ngobrol-ngobrol dengan warga. Awalnya kaget, kirain mau apa? eh ternyata hanya ingin komunikasi saja dengan kita. Harus ditiru supaya TNI dan rakyat lebih akrab,” ungkapnya.

Warga setempat juga menyambut baik kedatangan Serma Yaya yang bertugas di Desa Mangunkerta. Sebelumnya, ia bertugas menjadi Babinsa di Desa Cijedil Kecamatan Cugenang. Ketika masuk ke daerah baru, Desa Mangunkerta dirinya aktif di lingkungan desa dan masyarakat, berbagai kegiatan pun diikuti sebagai ajang perkenalan diri bersilaturahmi.

(mat)