600 Warga Dapatkan Pengobatan Gratis

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR SOSIAL: Sejumlah tim medis dari Puskesmas membantu pengobatan gratis yang digelar Kapolda Jabar pada acara deklarasi pemilihan umum damai.

RADARCIANJUR.com– Sejumlah tim medis dari Puskesmas Sukanagalih Cipanas dan Cipendawa, diperbantukan dalam menangani pasien di acara gelaran deklarasi pemilihan umum (Pemilu) damai Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat, di salah satu hotel di Cipanas, Sabtu (12/1) lalu.

Kepala Puskesmas Sukanagalih, Agus Suhendar mengatakan, pihaknya hanya bertugas dan menjadi salah satu Puskesmas yang dipercaya untuk membantu pasien dalam acara deklarasi Pemilu damai Kapolda Jabar.

“Jadi masing-masing puskesmas diperbantukan dua tenaga medis seperti dokter dan perawat,” kata Agus.

Menurutnya, kegiatan pengobatan dan khitanan massal tersebut merupakan hal positif dari Kapolda untuk masyarakat Cianjur. Apalagi jika dilihat, ini merupakan rangkaian kegiatan yang bersifat kepolitikan, tetapi ada unsur sosialnya.

“Sebetulnya, untuk kami selaku petugas kesehatan di puskesmas, selama itu kegiatannya positif dan sosial, serta dibutuhkan, kami akan siap bersedia membantu, dan menangani hal tersebut,” ujarnya.

Ditambahkannya, sekitar 600 warga yang datang di acara deklarasi tersebut yang ingin dibantu dan diperiksa kesehatannya. “Rata-rata yang diperiksa paling pemeriksaan ringan saja, seperti keluhan penyakit flu, batuk, pegal, dan sakit kepala,” katanya.

Untuk kegiatan tersebut, lanjut Agus, memang sudah ada permohonan bantuan dari Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Cianjur. Dan tidak semua puskesmas diberikan kepercayaan tersebut. “Semoga dengan adanya pengobatan dan khitanan massal gratis tersebut, masyarakat Cianjur bisa terbantu. Tentunya bukan hanya kali ini saja, semoga bisa dilaksanakan di waktu yang lain,” pungkasnya.

(dan)