TPA Pasir Sembung Tiga Kali Longsor

RADARCIANJUR.com-Hujan deras di wilayah Cianjur dan sekitarnya pada, Minggu (13/1) mengakibatkan tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pasir Sembung Sirnagalih Cilaku, longsor dan mencemari aliran sungai Cibodas.

Akibatnya air sungai meluap kontan merendam sejumlah persawahan di wilayah sekitar. Kondisi TPA juga sudah melebihi kapasitas dan menyebabkan pencemaran lingkungan.

Munawar (38) salah seorang warga Kampung Kandangsapi, Kecamatan Cilaku, mengatakan kejadian ini merupakan yang ketiga kalinya. Dia meminta kepada Pemkab Cianjur, segera memberikan solusi terhadap persoalan TPA Pasir Sembung tersebut.

”Hari ini yang paling parah, sebelumnya tidak pernah separah ini, sungainya menyempit karena terkena longsoran sampah,” kata Munawar kepada Radar Cianjur, kemarin.

Ia khawatir jika sewaktu-waktu air meluap hingga berdampak terhadap pemukiman warga.

”Baru satu jam saja hujan suda meluap dan sangat bahaya dampaknya. Saya mohon kepada pemerintah supaya memperhatikan secara serius permasalahan ini,” ungkapnya.

Ketua Karang Taruna BTN Pasirsembung, Zamzam juga mengungkapkan hal yang sama, jika TPA ini sudah tidak layak dan sudah melebihi kapasitas. Kalau hujan deras maka timbunan sampah longsor masuk parit dan sungai, padahal airnya masih digunakan warga sekitaran Desa Sirnagalih Cilaku.

”Kalau dibiarkan akan ada ratusan warga yang masih memanfaatan air sungai untuk MCK, dan ini akan sangat berbahaya dan menimbulkan penyakit,” ujar Zamzam.

Dirinya sebagai warga BTN Pasirsembung berharap hal ini segera untuk ditangani Pemkab Cianjur melalui dinas terkait. ”Sebab ini bukan masalah sepele dan harus ditanggapi serius,” tegasnya.

Ketua RW 11 BTN Pasirsembung, Wawan berharap permasalahan TPA akan selesai apabila ada tindakan serius dari Pemkab Cianjur melalui dinas terkait.

Begitupun permasalahan longsoran sampah yang sudah ke sungai. Karena tidak ada sekat penahan. ”Jadi soal sampah yang longsor ke sungai harus ada tindakan segera takut sungai jadi tercemar,” ungkapnya.

Bahkan warga pun sudah geram dengan perihal permasalahan segudang tumpukan sampah TPA Pasirsembung yang hingga kini belum juga ada solusinya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Sumarna membenarkan adanya kejadian tersebut.

”Pasca kejadian itu, kami sudah bergerak cepat ke lapangan untuk membersihkan sampah yang menumpuk di sungai dengan menggunakan alat berat,” ujar Sumarna, kemarin.

Ia menjelaskan, longsornya tumpukan sampah tersebut terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Cilaku.

”Sampah yang menumpuk tergerus air hingga longsor ke sungai, hingga mengakibatkan aliran sungai mampet dan air menggenangi pemukiman penduduk serta areal pertanian yang ada di sekitaran TPA Pasirsembung,” jelasnya.

(dil/mat)