Baru Tiga Wilayah Layak Pemekaran

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Saat ini Jawa Barat dihuni sekitar 50 juta penduduk yang tinggal di 27 kabupaten/kota. Jawa Barat dinilai memerlukan pemekaran wilayah beberapa kabupaten/kota. Hal itu disampaikan Anggota Komite I DPD RI, Eni Sumarni, saat bertemu dengan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, di Gedung Sate, Selasa (15/11).

Ia membandingkan dengan Jawa Tengah yang memiliki 35 kabupaten/kota dan Jawa Timur yang memiliki 42 kabupaten/kota. Kedua provinsi tersebut jumlah penduduknya lebih sedikit dari Jawa Barat. “Posisinya jauh sekali, dari sisi DAU dan DAK juga (provinsi lain) jauh lebih besar diterima. Ini berpengaruh pada indeks pembangunan manusia. Yang kita lebih rendah dibanding Jateng dan Jatim,” ujar Eni Sumarni.

Untuk mempersiapkan daerah otonomi baru (DOB), memerlukan anggaran dalam jumlah besar dan desain tata ruang. Ia meminta Pemprov Jawa Barat sudah menyiapkan anggaran untuk biaya pemekaran wilayah dari sekarang. “DPD RI sangat mendukung, karena ini yang terasa sekali tentang kendali pelayanan publik, perlu ditingkatkan, terutama yang krusial tadi,” ujarnya.

Saat ini, kata Eni Sumarni, sudah ada tiga daerah yang siap menjadi DOB. Ketiga daerah itu adalah Sukabumi Utara, Bogor Barat, dan Garut Selatan. Ketiga daerah itu sudah menjadi RUU dan tinggal menunggu pengesahan DPR RI untuk menjadi UU.

Ia mengatakan, ketiga daerah tersebut sebelumnya batal disahkan berdasarkan keputusan sidang DPR RI. Eni mengatakan akan kembali memperjuangkan pengesahan ketiga daerah baru tersebut, meski harus ada revisi beberapa pasal. “Hambatannya hanya di moratorium pemerintah dibuka, itu hambatan bagi kami. Kalau itu dibuka kerannya, minimal kami yang tiga ini sudah running,” ujarnya.

Eni mengatakan bahwa DPD RI sangat mendukung pemekaran wilayah di Jawa Barat karena diperlukan untuk peningkatan layanan publik. Secara umum, ia mengapresiasi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang memasukan rencana pemekaran wilayah ke dalam rencana kerjanya selama lima tahun.

(tri)