Bikin Pasport Bisa di Cianjur, Satu Hari Langsung Jadi

RADARCIANJUR.com-Kabar gembira bagi masyarakat Cianjur yang akan membuat pasport. Kini, masyarakat tidak perlu jauh-jauh harus ke Kantor Imigrasi Sukabumi. Dalam waktu dekat, Cianjur akan mampu membuat pasport secara mandiri. Untuk memudahkan pelayanan, Unit Kerja Kantor Imigrasi Cianjur yang berada di Jalan Raya Bandung sudah dibuka.

Untuk itu, kemarin, Unit Kerja melakukan langkah uji coba pembuatan pasport dengan melibatkan sepuluh warga Cianjur. Hal ini dinilai memudahkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan keluar negeri tanpa memakan waktu yang lama dan jarak yang jauh.

Pembuatan pasportnya sendiri tak memakan lama, hanya cukup waktu dalam satu hari pasport sudah dapat diterima.

“Tidak ada kendala, pembuatannya hanya satu hari,” ujar Staf Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Departemen Agama (Depag) Kabupaten Cianjur, Noor Hardiansyah.

Prosedur yang harus ditempuh oleh masyarakat melalui beberapa tahap, seperti contoh untuk calon jamaah haji yaitu sudah terdaftar, berangkat pada tahun ini, melengkapi berkas dari mulai Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran dan mengisi blanko permintaan paspor.

Setelah proses selesai, maka pemohon paspor akan dilakukan wawancara terlebih dahulu di tiga loket yang tersedia.

“Kalau sudah dijalankan hingga wawancara, nanti difoto lalu scan sidik jari dan melakukan pembayaran di bank serta kembali dengan membawa bukti transfer nanti paspor bisa langsung diserahkan,” paparnya.

Proses pembuatan paspor yang diperuntukan untuk umum tak jauh berbeda, hanya saja dua prosedur seperti terdaftar di Kantor Depag Kabupaten Cianjur sebagai calon jamaah haji dan pemberangkatan haji yang tdak disertakan.

“Ketika tadi saya berbincang dengan cabang Sukabumi, jika dalam tiga tahun Cianjur bisa berjalan lancar, maka statusnya menjadi kelas III,” jelasnya.

(kim)