Bus Silahkan Lewat Puncak Kalau Mau Ditilang

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR MELINTAS: Salah satu trayek angkutan umum jenis bus saat melintas di jalur Puncak Cianjur-Bogor.

RADARCIANJUR.com – Kendaraan berat seperti bus dan truk sudah melintasi jalur Bogor-Cianjur via Puncak sejak Senin (14/1). Namun, sejumlah kendaraan yang kedapatan melintas itu ternyata tak memiliki izin resmi untuk melintas. Pasalnya, Kementerian PUPR belum memberikan surat resmi pemberlakukan jalur Puncak boleh dilintasi kendaraan berat.

Jalur Puncak kini masih dalam tahap pembenahan pasca sejumlah bencana yang terjadi di urat nadi perbatasan dua wilayah itu. Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Cianjur, AKP Adhimas Sriyono Putra mengatakan, pihaknya belum mendapatkan surat edaran yang diterima dari Kementrian PUPR.

“Kita memang hingga saat ini (kemarin, red) belum mendapatkan keterangan resmi dari pusat (Kementrian PUPR, red), jadi belum diperkenankan kendaraan besar melintas,” ujarnya.

Menurutnya, kendaraan yang memaksakan untuk melintas, sama saja dengan melintas secara ilegal. Tentu secara tidak langsung itu termasuk pelanggaran. Jika didapati melintas, pihaknya akan memberikan peneguran untuk memutar balik menuju jalan alternatif.

Nah, jika tetap memaksakan untuk melalui Jalur Puncak, pihaknya tak segan-segan untuk diberikan tindakan tegas berupa penilangan.

“Kalau masih ngeyel, ya kita beri tindakan tegas dengan tilang,” tegasnya.

(kim)