Kepala SMPN 1 Sindangbarang Diperiksa Itda

Plt Kepala Dinas Pendidikan Cianjur, H Oting

RADARCIANJUR.com-Inspektorat Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur kini tengah memeriksa kepala SMPN 1 Sindangbarang Etang Rohadi, yang diduga melakukan pungli terhadap murid yang akan mengikuti UNBK.

Plt Kepala Dinas Pendidikan H Oting mengatakan, kepala SMPN 1 Sindangbarang, saat ini masih dalam pemeriksaan inspektorat terkait kasus dugaan pungli terhadap siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Saya sudah mememinta inspektorat daerah untuk memeriksa dan sekarang masih dalam tahap pemeriksaan, nanti akan kita akan mengetahui hasilnya apakah akan diberhentikan atau bagaimana,” kata Oting, Rabu (16/1).

Menurut Oting berdasarkan pengakuan dari kepala sekolah. baru ada empat orang siswa yang telah membayar fasilitas UNBK.

“Yang empat orang uangnya sudah dikembalikan, meski demikian itu tetap harus diperiksa,”ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 206 siswa siswi di SMPN 1 Sindangbarang, yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dikenakan pungutan liar pihak sekolah untuk pembiayaan sewa gedung dan komputer sebesar Rp.100 ribu per siswa.

Hal ini membuat orang tua murid merasa keberatan namun meski demikan pihak sekolah tetap saja membebani orang tua murid dengan alasan untuk menyewa gedung dan komputer di SMAN 1 Sindangbarang demi kelancaran UNBK nanti.

(dil)