Satpol PP Terganjal Perda Trantibum

Foto: Dok/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur mempunyai tugas membantu kepala daerah untuk menciptakan daerah yang tentram, tertib dan teratur.

Tujuannya agar penyelenggaraan roda pemerintahan dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan aman. Oleh karena itu, di samping menegakkan Perda, Satpol PP juga dituntut untuk menegakkan kebijakan pemerintah daerah lainnya yaitu peraturan kepala daerah.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelidik, Penyidik dan Penindakan Satpol PP Kabupaten Cianjur, Heru Haerul Hakim mengatakan dalam proses tugas penindakan dan penertiban dalam hal pihaknya masih terganjal Peraturan Daerah (Perda) tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum).

“Setiap ada pelanggaran kita belum bisa bertindak aktif penuh, karena Satpol PP belum memiliki Perda Trantibum,” ujar Heru.

Sehingga segala pelanggaran sulit untuk langsung ditindak, karena harus menunggu instruksi dinas terkait. Namun pihaknya tetap menindak hal yang melanggar ketika terlihat di hadapan mata.

“Semua itu tergantung situasi, akan tetapi selalu dipandang berbeda oleh sebagian masyarakat. Kalau ada pelanggaran tetap kita tindak jika di depan mata terlihat, meskipun kadang masyarakat berpandangan berbeda,” tegasnya.

(kim)