Kelurahan Ketiban APBN Rp350 Juta

RADARCIANJUR.com-Pemerintah pusat segera mengucurkan Dana Kelurahan (DK) melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sekitar Rp350 hingga Rp380 juta per kelurahan. Rencananya anggaran akan turun bulan Mei 2019 mendatang.

Informasi dihimpun, total anggaran bantuan tersebut sebesar Rp3 triliun yang diperuntukan bagi seluruh kelurahan di Indonesia. Sebelumnya pada Oktober lalu sudah disepakati dari APBN 2019 sebesar Rp2.400,16 triliun yang di dalamnya termasuk dana kelurahan sebesar Rp3 triliun.

Lurah Sayangkulon, Syahdan membenarkan, akan ada kucuran DK sebesar Rp350 juta hingga Rp380 juta per kelurahan melalui Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan.

Adapun mengenai pencairannya akan dilaksanakan dalam dua tahap, masing-masing tahap sebesar 50 persen. Peruntukan dana tersebut untuk membiayai fasilitas, pendidikan, kesehatan, lingkungan dan lain sebagainya di setiap kelurahan.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan kucuran dari pemerintah pusat bisa dimanfaatkan dengan baik, untuk kepentingan masyarakat. Harapan adanya dana kelurahan itu bisa menjadi semangat kerja melalui pelayanan, artinya kelurahan juga sangat diperhatikan,” ungkapnya.

Anggaran melalui APBN tersebut memang diperuntukan pembangunan fisik dan non fisik. Maka dengan adanya program bantuan tersebut sejumlah kelurahan di Cianjur khususnya merasa terbantu, untuk meningkatkan dan mewujudkan pembangunan di segala bidang.

Syahdan mengaku pihaknya sangat terbantu sekali dan terima kasih kepada pemerintah. Pihaknya juga berjanji akan memanfaatkan dana tersebut sebaik mungkin untuk kepentingan pelayanan publik dan berharap bisa tepat sasaran.

“Kami tentunya akan menjaga amanah dan pertanggungjawaban dengan bantuan yang diberikan ini, karena sebelumnya hanya mengandalkan anggaran dari dinas. Jadi bila ada bantuan dari pemerintah pusat bisa berinovasi untuk mengembangkan kelurahan dalam segala bidang,” tambahnya.

(mat)

TENTANG DANA KELURAHAN

1. Dana Kelurahan (DK) dari APBN.
2. Alokasi Rp350 hingga Rp380 juta per kelurahan.
3. Rencana anggaran turun bulan Mei 2019.
4. Total DK Rp3 triliun untuk seluruh kelurahan di Indonesia.
5. Dialokasikan dari Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan.
6. Proses pencairan dua tahap, per tahap sebesar 50 persen.
7. Diperuntukan membiayai fasilitas pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.
DIOLAH DARI BERBAGAI SUMBER