Parkir di Jalan Raya Pindah ke Kanan Mulai Empat Februari

RADARCIANJUR.com-Para pengendara baik motor dan mobil mengeluhkan area parkir di wilayah Cianjur kota selalu berpindah-pindah. Sebelumnya ada di kanan, lalu di kiri dan kini di kanan lagi.

Dadang (40) salah seorang pengendara motor warga Kelurahan Sayangkulon, Kecamatan Cianjur mengaku heran soal kebijakan sering pindah-pindahnya lokasi parkir, terutama di Jalan Raya Cianjur.

Sebab, meski dipindah-pidah kemana saja arus lalu lintas kota tetap saja macet. Pasalnya badan jalan menjadi sempit karena habis dengan pembangunan trotoar dan taman.

“Ya kalau warga tidak bisa berbuat apa-apa dan itu kebijakan dinas terkait. Hanya bisa sekedar menyampaikan aspirasi saja dan keluhan itu saja,” kata Dadang kepada Radar Cianjur, Selasa (21/1).

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Teknik Sarana dan Keselamatan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, Prihadi Wahyu Santosa mengatakan, tujuan pemindahan parkir ke sebelah kanan akan diberlakukan per tanggal 4 Februari 2019. Tujuanya untuk meningkatkan kapasitas jalan, karena semakin rindangnya pohon di trotoar jalan.

“Mengenai parkir di kanan kenapa dipindah, itu berdasarkan hasil kajian manajeman rekayasa dan waktu. Secara garis besarnya ada sedikit perubahan,” kata Prihadi.

Menurutnya, berlakunya parkir pindah di sebelah kanan akan diberlakukan khusus di jalur atau arah ke Alun-alun Cianjur, Jalan HOS Cokroaminoto hingga Jalan Mangunsarkoro. “Jika tetap di sebelah kiri justru akan makin terjadi kemacetan,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebelumnya sesuai rapat manajeman rekasayasa dan waktu, pada mulut simpang bila belok kanan relatif mudah dan tidak akan macet.

“Mengenai pemindahan parkir itu hasil keputusan rapat analisis rekayasa jalan, itu tidak ada hubungannya dengan Pemkab Cianjur, ini hasil kebijakan atau rapat sebelumnya dengan kedinasannya, karena memang sebelumnya banyak keluhan para pengguna jalan, mengenai kenyamanana dan hal lain, juga rawan akan kemacetan,” pungkasnya.

(mat)