PUPR Ambil Alih Pembangunan Sekolah

Foto: Ilustrasi

RADARCIANJUR.com-Seluruh pembangunan infrastruktur pendidikan, termasuk gedung sekolah dan laboratorium di Kabupaten Cianjur, tidak akan lagi ditangani oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Nantinya seluruh pekerjaan fisik akan dilimpahkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Rehab sekolah yang sifatnya berat, total dan sedang pekerjaannya ke dinas PUPR,” kata Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, Selasa (21/1).

Menurutnya, kebijakan itu diambil agar Dinas Pendidikan fokus mengurus sumber daya manusia (SDM), sehingga kualitas pendidikan di Kabupaten Cianjur dapat meningkat.

“Mulai tahun 2019 kedepan kita akan fokus di SDM, kita akan fokus di bidang pendidikan,” ujarnya.

Selain itu, menurut Herman untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Cianjur, pihaknya telah berkoordinasi dengan camat dan kepala desa agar warga Cianjur yang berusia 14 hingga 25 tahun bisa mengikuti sekolah persamaan.

“Kita akan membentuk PKBM, dan gurunya diinstruksikan datang ke PKBM untuk melaksanakan pelatihan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu,” ungkapnya.

Herman menambahkan, yang menjadi perhatian pemerintah saat ini adalah pendidikan bagi mereka yang tidak bisa melanjutkan sekolah dan untuk pendanaanya akan fokus terhadap dana RT dan Dana Desa.

“Untuk anak-anak yang sekolah, Alhamdulillah di Kabupaten Cianjur hampir 98 persen anak-anak kita sekolah, tapi yang menjadi perhatian itu adalah yang pasca sekolah saat ini tidak sekolah,” pungkasnya.

(dil)