Tak Setengah Setengah

Faisal Hilmi, GM Radar Cianjur

TAK terasa sudah enam tahun kami bersua setiap hari lewat bacaan pagi lebih hangat dan berkualitas, tepat di hadapan pembaca semua. Di usia ke enam tahun ini, kami benar-benar harus dihadapkan dengan segudang perubahan media sosial (medsos) yang lagi booming yaitu WhatsApp, Twitter, Facebook, Instagram dan Youtube.

Media sosial yang sangat dahsyat tentunya bagi media moderat seperti cetak, pastinya akan sangat berpengaruh, tetapi bagaimana pun ada tantangan tersendiri bagi kami. Apa kami mampu mengimbanginya atau bahkan bisa jauh tertinggal?

Berbagai langkah dilakukan, termasuk salah satunya kami mencoba menjadi bagian dari media sosial tersebut. Pada awal kami mengimbangi kecepatan informasi semisal WhatsApp atau Instagram bisa dibilang masih tertatih-tatih meski akhirnya bisa teratasi.

Kami merupakan bagian dari Radar Bogor Grup (RBG) bisa terbilang paling depan dalam memanfaatkan kecepatan informasi sekelas Instagram. Salah satunya Radar Cianjur berhasil menjadi Juara Digital Terbaik pada Rapat Evaluasi dan Kompetisi Product Quality Triwulan IV di Gedung Graha Pena Radar Bogor, Jalan KHR Abdullah bin Muh Nuh Nomor 30 Yasmin, Kota Bogor.

Ya, kami menjadi yang terbaik dalam kategori mengelola medsos via Instagram dan Facebook mengalahkan tujuh perusahaan cabang di bawah naungan RBG. Tak hanya itu, kategori digital terbaik juga disematkan kepada kami karena berhasil membuat kejutan dalam ranking media online radarcianjur.com.

Tercatat raihan follower Instagram Radar Cianjur sebanyak 49,2 K. Ternyata meski kami berbasis media cetak tetapi kami mampu mengkolaborasi dengan media sosial yang kini lagi banyak diakses orang untuk memberikan informasi terbaru.

Sebagai sebuah perusahaan media cetak, tentunya ingin semua produk yang dihasilkan memiliki karakter matang, bertanggung jawab dan mandiri. Bagi sebuah perusahaan penerbitan, ingin setiap hasil karya jurnalistik dapat mengatasi segala masalahnya. Maka kami pun berusaha menjadi yang terbaik pada usia kami menginjak enam tahun ini.

Meski pertumbuhan sebuah anak perusahaan dari induknya Radar Bogor Group bisa dibilang cepat, tapi kami juga menyadari masih banyak kekurangan di sana sini. Semua proses perbaikan terus menerus kami lakukan setiap tahunnya.

Kami terus berusaha meramu semua kemampuan dengan berbagai warna dan tampilan berbeda. Maka hasilnya akan dikembalikan lagi pada pelanggan dan pembaca setia apakah hasil kreasi kami bisa diterima ataupun perlu perbaikan, semua akan menjadi masukan yang berharga bagi kami.

Kami terus berusaha meningkatkan kematangan manajemen termasuk redaksi di dalamnya, terus memperbaiki diri dengan berusaha berkaca pada kekurangan masa lalu. Stimulasi (rangsangan) juga terus kami lakukan pada seluruh karyawan dan awak media.

Untuk itu, di usia enam tahun ini, kami akan terus berusaha dan belajar terus menjadi yang terbaik di tengah persaingan medsos tadi. Di tengah-tengah masih banyak kekurangan, kami memiliki harapan besar untuk tumbuh lebih besar dan lebih baik dari sekarang.

Pada ulang tahun keenam ini pun kami hanya mengadakan syukuran kecil di ruangan dan bangunan yang sejak Radar Cianjur mandiri lepas dari induk perusahaan tahun 2013 lalu. Sekali lagi, setiap hari dari kantor kami di Jalan KH Abdullah Bin Nuh Nomor 3 Desa Nagrak Kecamatan Cianjur, koran dan informasi selalu ingin lebih cepat sampai ke pembaca.

Kami berharap kebersamaan dengan pembaca selama enam tahun ini akan terus terjalin, dan tak setengah-setengah, mudah-mudahan sesuai moto taglen koran Radar Cianjur ‘Lebih Cepat Lebih Berkualitas’ akan terus ada di tangan anda, aminn.(*)