Hari Ini Presiden Sambangi Cianjur, Ini Agendanya

Presiden RI Joko Widodo

RADARCIANJUR.com – Hari ini, Jumat (8/2), warga Cianjur mendapat kesempatan langka dengan bisa bertemu langsung dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan kunjungan kerja ke sejumlah lokasi di Cianjur.

Berdasarkan rilis yang diterima Radar Cianjur, orang nomor satu di Indonesia itu pertama kali akan mengunjungi Wana Lestari Poklan di Desa Haruwangi, Kecamatan Haurwangi. Presiden sendiri dijadwalkan berangkat dari Istana Bogor menuju ke Cianjur pada pukul 07.00 WIB.

Presiden lantas dijadwalkan pada pukul 11.00 WIB akan membagikan sertifikat wakaf di Masjid Darusalam, Kecamatan Karangtengah dilanjutkan dengan shalat Jumat. Setelahnya, Presiden juga dijadwalkan meresmikan Alun-alun Cianjur pada pukul 13.00 WIB.

Terkait kunjungan Presiden itu, pengelola Wana Lestari Pokland sudah melakukan berbagai persiapan.

Ketua Pemberdayaan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Suarna mengatakan, persiapan sudah hampir 100 persen. Pihaknya juga berharap, bisa memberikan sambutan yang berkesan bagi Presiden itu.

Suarna mengaku cukup bangga dan bersyukur dengan kedatangan Jokowi ke Cianjur, utamanya Wana Lestari Poklan.

“Sangat bersyukur sekali, bangga dan senang juga. Karena Wana Lestari Pokland dikunjungi orang monor satu di Indonesia. Ini momen penting dan bersejarah bagi Cianjur,” katanya kepada wartawan ini saat dihubungi, Kamis (7/2) kemarin.

Suarna menambahkan, pihaknya kini juga tengah melakukan pengembangan Wana Lestari Poklan sebagai salah satu tujuan wisata alam favorit. Karena itu, pihaknya juga menambah sejumlah berbagai macam fasilitas, dan penyediaan ragam permainan.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyediakan menyuguhkan ragam seni dan budaya secara bertahap. Selain itu, juga wahana rumah terbalik, macakal museum atau peralatan tani (wisata edukatif, red), kolam selfi, outdoor games, serta sejumlah fasilitas permainan dan edukatif lainnya.

Karena itu, pihaknya berharap dengan kunjungan Presiden itu bisa makin mengangkat nama Cianjur ke depannya.

“Semoga dengan kedatangan para petinggi di Indonesia bisa ikut sekaligus jadi promosi bagi Wana Lestari Poklan dan Kabupaten Cianjur,” harapnya.

Sementara, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan persiapan peresmian Alun-alun Cianjur sekaligus penyambutan Presiden Joko Widodo sampai saat ini tidak menemui kendala.

“Kami telah melakukan koordinasi bersama para OPD, Kapolres Cianjur, dan Dandim 0608/Cianjur untuk kedatangan Presiden,” ujarnya.

Dari proses persiapan itu, pihaknya mendapatkan beberapa masukan terkait masalah keamanan yang nantinya dipercayakan kepada pihak TNI dan Polri.

“Mereka sudah berpengalaman untuk menjaga presiden, jadi mudah-mudah peresmian alun-alun berjalan sesuai dengan yang kita harapkan,” harapnya.

Bagi masyarakat Cianjur yang ingin melakukan penyambutan kepada Presiden RI pun dipersilahkan. Namun Herman menyarankan, agar penyambutan itu tidak terlalu berlebihan.

Untuk memeriahkan peresmian dimaksud, akan menampilkan sejumlah pertunjukan di antaranya Ngaos, Mamaos dan Maenpo. Karena itu, ia memerinntahkan kepada seluruh ASN untuk mengenakan pangsi dalam acara tersebut.

“Tiga pilar anatra TNI, Polri dan Pemkab akan berkolaborasi dalam menampilkan Maenpo. Mudah-mudahan dengan adanya Presiden, Maenpo Cianjur bisa dikenal secara nasional,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Herman juga menegaskan bahwa kedatangan Jokowi ke Cianjur itu hanya akan meresmikan Alun-alun Cianjur, bukan untuk kampanye. Akan tetapi, pihaknya mengakui bahwa kedatangan Presiden juga dalam dibarengi dengan beberapa kegiatan lainnya.

(mat/kim)