Jokowi Beli Lukisan di Alun-alun Cianjur, Segini Harganya

BERUNTUNG: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membeli satu buah lukisan dengan harga Rp10 juta.

RADARCIANJUR.com – Kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Cianjur, Jumat (8/2) kemarin sepertinya menjadi berkah bagi banyak orang.

Salah satunya adalah Jaja Ilalang (50). Pasalnya, salah satu lukisan karyanya dibeli tunai oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Lukisan yang diberinya judul ‘Kakek Tersenyum’ itu langsung ditaksir oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu dengan nilai yang cukup tinggi, yakni Rp10 juta.

“Gak nyangka sebenarnya. Kesini juga diundang sama pak Herman Suherman (Plt Bupati Cianjur, red),” ungkapnya kepada Radar Cianjur, kemarin.

Jaja mengatakan, saat itu dirinya tengah menyelesaikan salah satu lukisannya yang lain. Dari jauh, dirinya sejatinya sudah mengetahui bahwa Jokowi yang saat itu berjalan bertiga bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Herman Suherman menghampiri dirinya.

“Tapi masih fokus ngelukis aja tadi, Kang,” bebernya.

Baru setelah lebih dekat, ia berdiri dan memilih menyambut Presiden dengan menyalaminya bersama dengan rekan-rekan sesama pelukis lainnya. Saat itu, ia juga menyempatkan diri berbincang dengan Presiden RI ketujuh itu.

“Sempat grogi juga kan lagi ngomong sama Presiden. Takut salah ngomong, apa gimana gitu,” katanya.

Saat itu, Presiden sempat menanyakan salah satu lukisannya tersebut. Ia lalu memberikan sedikit penjelasan. Di luar dugaan, lukisan itu ternyata langsung ditawar Jokowi.

“Ternyata langsung ditawar Rp10 juta,” katanya lagi.

Jaja sendiri tak menyangka bahwa lukisannya itu menarik perhatian suami Iriana Jokowi itu. Sebab selama ini, lukisan karya-karyanya hanya dibeli dan diapresiasi oleh para penikmat lukisan maupuh kolektor.

Karena itu, lanjut Jaja, dirinya merasa sangat bangga salah satu lukisan yang dibuatnya sejak beberapa waktu lalu itu akhirnya dibeli oleh Presiden Joko Widodo.

“Ya bangga banget hasil karya kita dihargai, diapresiasi dan dibeli sama Presiden. Sepertinya saya sangat beruntung,” tuturnya.

Ia pun mengistilahkan peristiwa yang dialaminya itu bak ketiban durian runtuh. “Tidak menyangka akan mendapatkan rezeki hari ini. Yang belinya juga bukan orang sembarangan,” tutupnya.

(kim)