Ke Cianjur Bisa Lewat Tol

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Kabupaten Cianjur harus siap-siap. Tak lama lagi, jalan bebas hambatan alias tol bakal hadir di Cianjur.

Jalan tol yang menghubungkan empat wilayah Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Bandung ini masih dalam tahap perencanaan dan belum masuk pada proses penetapan lokasi.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, pemerintah pusat telah mempersiapkan akses jalan tol antara Bogor-Sukabumi- Cianjur-Bandung.

Jalan tol ini akan menjadi opsi tambahan bagi warga Jakarta untuk berpergian.

“Nanti ada dua pilihan bila penduduk Jakarta begitu pun warga lainnya. Bisa memilih akses jalan tol alternatif cepat sampai tujuan,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini, Jumat (8/2).

Menurutnya, salah satu tujuan keberadaan jalan tol ini guna meningkatkan perekonomian sehingga lebih maju serta mampu dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Tentunya kami merasa sangat senang dengan adanya persiapan askes tol,” ujarnya saat memberikan pidato di Wahana Wisata Pokland, Haurwangi, Cianjur.

Ia menjelaskan, penduduk Jawa Barat saat ini hampir berjumlah 50 juta, jadi artinya hampir dua persennya Indonesia. Ia menilai, terobosan baru Presiden Jokowi saat ini bisa menjadikan atau meminimalisir ketimpanganketimpangan desa dan di kota.

“Apalagi Cianjur punya peluang potensi besar. Banyak keindahan juga terkenal dengan ikannya, beras, melalui kesenian sundanya. Artinya Cianjur salah satu Provinsi Jawa Barat yang memiliki potensi sangat besar sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan bisa dirasakan masyarakat,” ungkapnya.

Presiden Joko Widodo menambahkan, pembangunan jalan tol belum dimulai dan masih dalam tahap perencanaan. Hingga saat ini belum ada proses penetapan lokasi.

“Ini sudah dalam perencanaan, seperti yang sudah saya sampaikan waktu dulu di Sukabumi yang nantinya dari Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Bandung,” ujar Jokowi.

Presiden memaparkan, jalur bebas hambatan tersebut diperuntukan untuk memudahkan transportasi masyarakat serta kepentingan mobilitas dari mulai angkutan barang hingga angkutan orang dengan waktu yang lebih cepat, murah dan efisien. Ketika ditanya kapan rencana itu akan direalisasikan, orang nomor satu di Indonesia itu menuturkan belum sampai penentuan pembangunan.

“Penetapan lokasi saja belum, tapi sudah dalam perencanaan,” paparnya seraya tertawa. Tak hanya jalan tol saja, rencananya rel kereta api dengan double track pun sedang proses pematangan perencanaan. Sehingga nantinya masyarakat bisa memilih beragam akses transportasi.

(mat/kim)