Presiden Datang, Warga Cianjur ‘Pecah’

Jokowi di Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Cianjur, Jumat (8/2) kemarin, ditanggapi beragam oleh warga.

Ada yang merasa senang dan bangga. Di sisi lain, ada juga warga yang menganggap kunjungan Presiden itu adalah sebuah hal yang biasa dan tak perlu dibesar-besarkan.

Seperti yang diutarakan Esih S (56), salah satu warga Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi yang sengaja datang ke Wana Wisata Poklan. Ia menilai, tak ada yang istimewa dari kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu ke Cianjur.

“Biasa-biasa aja, Kang. Enggak ada yang istimewa,” katanya kepada Radar Cianjur.

Esih pun mengungkapkan rasa pesimisnya terkait kondisi bangsa dan negara, utamanya untuk urusan perekonomian. Ia beralasan, siapapun yang menjadi presiden, tetap tidak akan mengubah kondisi hidupnya.

“Siapa saja yang jadi pemimpin kita ya kayak gini-gini aja kan. Enggak ada perubahan gitu,” tuturnya.

Akan tetapi, lanjutnya, perasaan berbeda diyakini pasti dirasakan mereka yang mendapatkan bantuan melalui program-program pemerintah. Salah satunya penerima sertifikat hak guna lahan garapan.

“Mungkin ya. Itu beda lagi perasaannya,” katanya.

Sementara, saat ditanya alasannya sengaja datang ke Wana Wisata Poklan, Esih mengaku hanya untuk memuaskan rasa penasarannya saja.

“Ingin tahu aja, Kang. Pengen liat Presiden langsung. Tapi ya akhirnya cuma dari jauh juga bisa lihatnya,” imbuhnya.

Tak jauh berbeda diungkap Jajang (46) warga Desa Haurwangi lainnya. Ia mencontohkan program dana desa yang selama ini digelontorkan pemerintah, disebutnya sama sekali tak dirasakan manfaatnya oleh warga seperti dirinya.

“Itu kan yang menikmati mayoritas pemerintah desa saja. Lalu warga ya begini-begini aja, Kang,” ucapnya.

Lebih lanjut, Jajang mengakui bahwa memang tak semua desa kurang bisa memanfaatkan dana desa dengan cukup baik. Banyak juga desa yang makin berkembang dengan adanya dana desa yang didapat.

“Ya semoga aja bisa tambah baik gitu,” harapnya.

Hal berbeda disampaikan Ajun (50), warga Bojongherang yang mengaku sangat bangga Cianjur akhirnya dikunjungi Presiden Joko Widodo. Terlebih setelah sebelumnya Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar terjaring dalam OTT KPK beberapa waktu lalu.

“Bangga sekali. Berarti memang Presiden ada perhatian ke Cianjur. Apalagi selama ini kan Presiden cuma ada di Istana Cipanas, gak pernah ke Cianjur,” bebernya ditemui di Alun-alun Cianjur.

Ajun menambahkan, Presiden Joko Widodo juga dinilainya memiliki program kerja yang baik untuk masyarakat. Salah satunya dengan gencarnya pembangunan infrastruktur di berbagai daerah di Indonesia.

“Apalagi tadi Cianjur mau ada tol Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung. Ya semoga Cianjur makin maju dan ekonominya terangkat,” harap dia.

Hal senada juga disampaikan Ayi Juanda (50), warga Desa Sukataris, Kecamatan Karangtengah, yang mengaku cukup mengapresiasi kedatangan Presiden RI ketujuh itu ke Cianjur. Menurutnya, kehadiran Presiden ke Cianjur itu menjadi momen yang bersejarah.

“Jelas bersejarah, Kang. Kan sebelumnya belum pernah ada Presiden yang datang ke Cianjur. Ya baru pak Jokowi ini kan,” kata dia.

Dirinya berharap, setelah kedatangan Presiden Joko Widodo itu, Cianjur bisa semakin berkembang di masa yang akan datang.

“Harapannya itu, kita kan sebagai orang Cianjur harus bangga dengan tanah kelahirannya sendiri,” papar Ayi.

(radar cianjur/mat)