SMKN 1 Pacet ‘Unjuk Gigi’ di Jepang

SMKN 1 Pacet
PENGOLAHAN: Siswa SMKN 1 Pacet sedang mengolah makanan yang menjadi salah satu hasil sekolah. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com -SMKN 1 Pacet menjadi salah satu sekolah di Cianjur yang mengikuti ajang Foodex Japan 2019 di Chiba Tokyo Jepang. Acara tingkat dunia tersebut diseleksi oleh kementerian direktorat pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kepala SMKN 1 Pacet Ida Yuniati Surtika mengatakan, ada salah satu murid kelas XI yang akan mewakili SMKN 1 Pacet untuk ajang tersebut, yakni saudari Ajeng Adinda Sari.

“Kami akan mengikutinya setelah adanya penilaian dari kementrian saat bulan November dan Desember lalu,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pada ajang tersebut, pihak sekolah memberangkatkan guru pembimbing dan siswi yang terpilih tadi. “Rencananya kami akan berangkat tanggal 3 Maret sampai 8 Maret nanti, termasuk saya kepala sekolah. Dan diharapkan bisa membawa nama baik SMKN 1 Pacet yang mewakili Kabupaten Cianjur dan negara Indonesia,” kata Ida.

Ida juga menambahkan, produk makanan unggulan yang diproduksi di sekolah itu seperti jahe merah, bandrek yang desain jurusan TKJ, dan bekerjasama dengan agrobisnis pengolahan hasil pertanian bandrek jempol.

“Jadi sekitar 13 jenis produk yang dihasilkan dari olehan singkong savana juga,” ujarnya.

Untuk produk olahan tersebut, menurutnya, sudah dikirim ke wilayah Bandung dan daerah lainnya, yang bekerjasama dengan pihak sekolah. Hanya untuk sementara waktu, yang sudah berjalan lama dari produksi makanan seperti dodol wortel, minuman carrota wortel dengan jeruk lemon.

“Hal ini bisa mendorong SMKN 1 Pacet memiliki usaha yang riil serta memasuki dunia kerja siswa yang mampu wirausaha dengan mandiri,” harapnya.

(dan)