Jalan Raya Cianjur-Sukabumi Kok Banjir Terus

Jalan Raya Sukabumi hingga pertigaan Cageundang, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur selalu banjir saat hujan turun mengguyur

RADARCIANJUR.com – Jalan Raya Sukabumi hingga pertigaan Cageundang, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur selalu banjir saat hujan turun mengguyur. Seperti yang tampak di Kampung Warungkiara dan Kampung Selagedang (depan TPU Sirnalaya II), Sabtu (9/1) akhir pekan kemarin.

Salah satu warga setempat, Ilham (26) membenarkan, tergenangnya jalanan tersebut memang sudah cukup lama terjadi. Apalagi jika hujan turun sangat deras, bisa dipastikan jalan aspal akan berganti dengan genangan air.

Salah satu penyebabnya, diduga karena drainase yang tak berfungsi sebagaimana mestinya. Pasalnya, tinggi saluran air tak begitu jauh berbeda dengan ketinggian jalan.

“Ini juga kan gorong-gorongnya terlalu kecil. Jadi kalau hujan ya pasti gini (banjir, red),” tuturnya.

Selain air yang menggenang, lanjutnya, kondisi tersebut juga kerap menimbulkan kecelakaan pengendara kendaraan roda dua.

“Kalau kecelakaan mah sudah sering, Kang,” ungkapnya.

Sementara, Riki (40), salah seorang warga lainnya berharap, Pemkab Cianjur cepat tanggap dengan kondisi tersebut. Sebab, jika lama-lama dibiarkan, tentu akan membuat aspal jalan mengelupas yang berujung pada rusaknya jalan.

“Maunya ya ada perhatian gitu dari pemkab. Masa iyah dibiarin terus gini. Kan selalu banjir kalau hujan,” pintanya.

Dirinya yakin, warga pastilah berharap agar ada perbaikan dan pembangunan drainase yang cukup baik. Setidaknya, saluran air bisa dibuat lebih lebah agar bisa menampung lebih banyak air saat hujan.

“Kalau sudah ada perbaikan drainase dan gorong-gorong pasti akan lancar, tidak banjir lagi,” yakin dia.

Terpisah, Beben Jubaedi (39), salah satu perangkat Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur memaparkan, saat ini pihaknya tengah mengupayakan pembangunnan taman dan trotoar di area tersebut.

“Ya diusahakan nanti sekalian drainase dna gorong-gorong diperbaiki secara bertahap disesuaikan dengan APBD,” ungkapnya.

(mat)