Polemik Kantor Kecamatan Cikalongkulon Memanas

MENUNTUT HAK: Keluarga besar dari Ahli waris membentangkan spanduk di kantor Kecamatan Cikalongkulon.

RADARCIANJUR.com-Usai pembacaan surat putusan pada Sidang Pengadilan Negeri Cianjur terhadap Perkara No. 7/Pdt.G/2018/PN. Cianjur, ahli waris Raden Suryaman berhak memiliki tanah diatas Kantor Kecamatan Cikalongkulon. Saat ini ahli waris mendesak Pemkab bisa menghargai putusan pengadilan dan menuntut segera mengosongkan Kantor Kecamatan Cikalongkulon.

“Berdasarkan putusan pada sidang Pengadilan Negeri Cianjur beberapa waktu lalu, gugatan para Ahli Waris Raden H Ibrahim Jaya Perbata dikabulkan,” kata Raden Suryaman yang merupakan anak dari Almarhum Rd H Ibrahim Jaya Perbata, saat ditemui di lingkungan Kantor Kecamatan Cikalongkulon, kemarin.

Suryana mengaku jika pihaknya sepenuhnya sudah mendapatkan keputusan dari Pengadilan Negeri Cianjur bahwa lahan seluas 2.806 M2 dinyatakan milik keluarga Almarhum Raden H Ibrahim.

“Kami sudah dinyatakan menang oleh Pengadilan Negeri Cianjur, maka kami pun akan melakukan eksekusi,” tegasnya.

Suryaman menuturkan, awalnya tanah yang saat ini tengah diperjuangkan itu merupakan tanah dari leluhurnya yakni almarhum Raden H Ibrahim Jaya Perbata. Turun waris ke Raden Obing Mukorobin, dan selanjutnya dipinjam oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk dijadikan Kantor desa dan Pasar desa.

“Persisnya tahun berapa dipinjam oleh Pemerintah saya tidak tahu persis. Tapi seingat saya tanah yang sekarang dijadikan Kantor Kecamatan Cikalongkulon ini seingat saya ditahun 1964 sudah dipinjam oleh pemerintah,” katanya.

Sebagai Cucu dari almarhum Raden H Ibrahim pihaknya akan terus berupaya untuk memperjuangkan dan menuntut haknya sebagai ahli waris kuat.

“Saya harap Pemerintah Kabupaten Cianjur agar segera mengosongkan lahan atau Kantor Kecamatan Cikalongkulon,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pengurus Lembaga Bantuan Hukum Gaib 212 Cahaya Nusantara, yang juga kuasa hukum ahli waris, Saeful Anwar mengatakan, intinya ahli waris yang sudah menyampaikan gugatan ke PN Cianjur dan berdasarkan hasil putusan dan telah mengabulkan gugatan para ahli Waris Raden Raden H Ibrahim Jaya Perbata.

“Alhamdulilah ahli waris memenangkan sengketa objek tanah yang saat ini digunakan oleh pemerintahan Kabupaten Cianjur (Kecamatan Cikalongkulon, red),” katanya.

Sebelum melakukan gugatan, pihaknya selaku kuasa hukum melakukan persuasif terhadap pemerintah Kabupaten Cianjur agar mengembalikan objek tanah seluas 2.806 M2 yang saat ini ditempati untuk kepentingan Kantor Kecamatan.

“Seiring waktu, karena tidak juga dilakukan pengembalian oleh Pemkab Cianjur pihaknya langsung menempuh ke jalur hukum dalam hal ini pengadilan. Dan dinyatakan putusan dari pengadilan bahwa ahli waris memenangkan atas objek tersebut, kami berharap Pemkab bisa mematuhi atas putusan pengadilan dan Pemkab jangan membuat rekayasa,” tandasnya.

(dan)