Pengamat Politik : Pileg Cita Rasa Pilpres

Pilpres 2019

RADARCIANJUR.com – Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI di Kabupaten Cianjur dinilai terikat kuat dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Dua sosok calon pemimpin dari nomor 1, Joko Widodo dan nomor 2, Prabowo Subianto berimbas pada perolehan suara partai politik (parpol) di Jawa Barat (Jabar) maupun perolehan suara calon legislatif (caleg) di daerah.

Pengamat Politik Universitas Suryakancana (Unsur), Dedi Mulyadi mengatakan, fenomena pileg DPR RI tak bisa lepas dari figur pemimpin dua kontestan. Kedua figur pemimpin Jokowi dan Prabowo membuat pileg DPR RI mengerucut pada dua partai yaitu PDI Perjuangan dan Gerindra.

“Pileg menjadi tenggelam. Karena dilakukan berbarengan, kali ini Pileg-nya memiliki cita rasa Pilpres,” ujarnya kepada Radar Cianjur.

Menurutnya, dua figur ini dinilai sangat menguasai Jawa Barat. Hal itu dianggap sebanding dengan perolehan suara di sejumlah daerah secara nasional.

“Meski konstentasinya Pileg, namun tetap saja paketnya sama,” tutur Wakil Dekan I Fakultas Hukum (FH) Unsur ini.

Sesuai dengan hasil simulasi yang dilakukan Radar Bogor Grup (RBG), PKS mendadak mencuri perhatian dengan menempati urutan tiga menyusul PDI Perjuangan. Dedi menambahkan, PKS mampu melejit karena tak lepas dari peran dan kiprah PKS di Jawa Barat.

“Yang sesungguhnya secara de facto, PKS menguasai Jabar. Kontek berpartai politik dan tradisinya kuat,” papar Dosen Hukum dan Tata Negera Unsur ini.

(yaz)