Ini Jadwal Buka Alun-alun Cianjur

FOTO: eko for radar cianjur

RADARCIANJUR.com – Masyarakat Cianjur yang hendak menikmati Alun-alun Cianjur yang diresmikan Presiden Joko Widodo pekan lalu itu masih dibuat kebingungan. Pasalnya, warga kerap kali menemui pintu gerbang masih dalam kondisi tertutup.

Seperti yang ditutrkan Winarti (25), salah satu warga yang mengaku belum mengetahui jadwal buka-tutup dan peraturan masuk ke Alun-alun Cianjur. Padahal, ia dan keluarganya sudah sangat ingin sekali bisa menikmati salah satu ikon Kota Pandanwangi itu.

“Kemarin kesana, tapi tutup. Katanya buka hanya hari Jumat, Sabtu dan Minggu saja,” ucapnya kepada Radar Cianjur.

Keterangan itu pun bukan didapatnya dari pengelola atau penjaga alun-alun, melainkan dari sejumlah warga lainnya. “Soalnya kan engak ada pengumuman atau macam-macamnya gitu disana. Jadi weh bingung kita mah,” lanjutnya.

Akan tetapi, informasi lainnya yang ia dapatkan menyebutkan bahwa Alun-alun Cianjur sebenarnya buka setiap hari. “Makanya bingung ini yang bener yang mana,” terangnya.

Terkait hal itu, Kasatpol PP Kabupaten Cianjur H Muzani Saleh mengatakan, Alun-alun Cianjur dibuka setiap hari. Untuk hari Senin sampai Jumat, mulai dibuka pukul 13:00 WIB sampai pukul 20:00 WIB malam. Sedangkan Sabtu dan Minggu mulai dibuka pukul 10:00 hingga pukul 18:00 WIB.

“Semua pintu masuk lewat Jalan Suroso atau kantor Pegadaian. Jadi masyarakat tidak boleh atau diperkenankan masuk (dari pintu) sembarangan,” jelasnya.

Muzani juga menyatakan, seluruh fasilitas yang ada di Alun-alun Cianjur boleh dikunjungi oleh warga. Akan tetapi, ada sejumlah aturan yang tak bolah dilanggar oleh warga. Diantaranya, dilarang menginjak rumput sintetis menggunakan alas kaki dan membawa makanan dan minuman.

“Bahkan merokok juga tidak boleh. Dikhawatirkan banyak sampah atau puntung rokok. Maka itu perlu dijaga dan dirawat dengan baik bila mau masuk,” papar dia.

Terpisah, Kabag Humas Pemkab Cianjur, Gagan Rusganda mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo atas kunjungannya ke Alun-alun Cianjur.

“Juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak, sehingga seluruh rangkaian kegiatan kunjungan sebelumnya berjalan lancar dan kondusif,” katanya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur, Aban Sobandi mengatakan, setelah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Alun-alun Cianjur menjadi kebanggaan tersendiri bagi. Selain desainnya yang unik, agamis dan indah, juga akan dijadikan salah satu proyek percontohan nasional.

“Apa yang disampaikan Presiden, Alun-alun Cianjur akan menjadi ikon buat percontohan ada di Jawa Barat. Bahkan sampai nasional, maka itu harus bangga hati masyarakat Cianjur,” katanya kepada Radar Cianjur.

Ia menegaskan, bagi warga yang ingin masuk dan menikmati Alun-alun Cianjur, sama sekali tak dikenakan biaya alias gratis. Biaya hanya dikenakan untuk parkir, toilet dan Menara Pandang.

Saat ini, untuk pengelolaan dan perawatan, masih dalam pembahasan. Ke depannya, akan dibuatkan aturan yang menjadi payung hukumnya.

“Seperti menjaga dan memelihara fasilitas, tidak membuang sampah sembarangan dan hal lainnya yang berdampak terhadap kerusakan terhadap fasilitas sudah dibangun,” kata Aban.

(mat)