Simulasi Pemilu DPD RI di Cianjur, Putra Daerah jadi Unggulan

Simulasi Pemilu 2019 Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Putra daerah masih menjadi unggulan di wilayahnya. Masyarakat Cianjur langsung mencari wakil Cianjur dalam surat suara Simulasi Pemilu DPD RI Radar Cianjur. Simulasi yang dilakukan selama dua hari pada Kamis (31/1) dan Minggu (3/2), dua perwakilan Kabupaten Cianjur masing-masing Abah Ruskawan dan Deni Suherman benar-benar menguasai perolehan suara.

Apabila berbicara soal Kabupaten Cianjur maka nama Abah Ruskawan yang menjadi pilihannya. Masyarakat Cianjur justru dinilai sangat mengenal sosok Abah Ruskawan. Abah dan Deni harus bertanding dengan 48 pesaing lainnya untuk menuju kursi DPD Jabar.

Abah yang berada di nomor 26 surat suara DPD Jabar menguasai 42,83 persen dari total perolehan surat suara. Abah melejit seorang diri dan meninggalkan rekan sekotanya, Deni yang berhasil meraup 10,16 persen. Jenjang perolehan suara terbanyak dari Abah dan Deni terbilang sangat lebar.

Abah berhasil membangun jurang surat suara sebesar 30 persen. Sedangkan di posisi ketiga, ada nama Aa Oni Suwarman. Pria asal Kota Bandung ini berhasil mencuri suara 4,16 persen di Cianjur.

Berdasarkan hasil simulasi pemilu yang dilakukan Radar Cianjur, nama Abah Ruskawan dikenal dengan figur di dunia pendidikan. Nama SMA Pasundan melekat erat dengan nama besarnya di Cianjur. Belum lagi, apabila masyarakat berbicara tentang Situs Megalitikum Gunung Padang. Ujung-ujungnya, nama Abah-lah yang akan disebut.

Faktor itulah yang membuat Abah Ruskawan menjelma sebagai pemenang dalam simulasi surat suara DPD Jabar yang dilakukan Radar Cianjur. Kendati demikian, masih ada sejumlah pemilih yang mengaku tetap tidak mengenal dengan deretan nama yang terlampir di surat suara DPD Jabar itu.

Dari total 600 surat suara yang disebar tim Radar Cianjur di penjuru Cianjur, masih ada 54 surat suara tidak sah dan tak mencoblos. Alasannya yaitu karena masyarakat belum mengetahui calon DPD Jabar meski sudah tersaji nama yang disandingkan dengan foto calon.

Kendati demikian, masih ada sejumlah masyarakat yang tetap ingin memberikan hak suaranya meskipun tak mengenal sosok calon. Mereka lebih beralih kepada penampilan aduhai perempuan cantik atau laki-laki berparas tampan. Tak sedikit juga yang mengarahkan pakunya kepada calon yang memiliki gelar akademis panjang.

(yaz)

GRAFIS
Rangking Lima Besa di Cianjur
1. Abah Ruskawan (Cianjur) 42,83 %
2. Deni Suherman (Cianjur) 10,16 %
3. Aa Oni Suwarman (Kota Bandung) 4,16 %
4. Iman Setiawan (Kota Bandung) 4,50 %
5. Euis Mully Mulyati Sukarya (Sumedang) 3,33
Keterangan
Suara Sah: 546
Tidak Sah: 54
Total SUrat Suara: 600