50 Orang Dalam Gangguan Jiwa ‘Diangkut’ Ke Bogor

Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur Penderita ODGJ menjalani perawayan sebelum dibawa ke RSMM, Bogor.

RADARCIANJUR.com – Sedikitnya 50 penderita orang dengan ganggun jiwa (ODGJ) di Cianjur dievakuasi ke Rumah Sakit dr Marzoeki Mahdi (RSMM) kota Bogor, Rabu (13/2) kemarin.

Kordinator Lintas Sektoral Integrasi dan Promotor Kesehatan Jiwa RSMM Bogor, Iyep Yudiana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk pelayann kesehatan jiwa dari komunitas dan evakuasi ODGJ di Kabupaten Cianjur dalam acara Gebyar Peduli ODGJ.

“Kegiatan ini tidak lain untuk pelayanan dan evakuasi pasien ODGJ di Kabupaten Cianjur,” katanya.

Iyep menjelaskan, 50 pasien ODGJ yang hadir kali ini terlebih dahulu mendapatan pemeriksaan dari mulai kesehatannya hingga proses persyaratannya.

“Sebelum dievakuasi ke RSMM, kami periksa dulu kesehatannya dan persyratannya. Namun, dari 50 pasien yang didaftarkan puskesmas, relawan, hanya 35 orang saja yang dikirim,” katanya.

Iyep menargetkan 50 pasien ODGJ tersebut dapat dievakuasi untuk mendapatkan perawatan di RSMM. Akan tetapi, masih ada beberapa yang persyaratan yang belum terpenuhi, seperti belum adanya izin dari pihak keluarga.

“Jadi kami evakuasi 35 pasien saja untuk mendapatan perawatan di RSMM selama satu bulan, karena terkendala dari persyaratan yang belum terpenuhi dan keluarga yang menolak dibawa,” jelasnya.

Menurutnya, dalam satu bulan, RSMM mendapatkan pasien ODGJ sekitar lima sampai tujuh pasien yang dikirim dari Kabupaten Cianjur. Mereka dikirimkan melalui dinas terkait, puskesmas, dan masyarakat sendiri.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian pemerintah Cianjur dan masyarakat terhadap penderita ODGJ. Selain itu, untuk menghilangkan pasungan terhadap penderita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kegiatan Gebyar Peduli ODGJ, sekaligus Kepala Puskesmas Ciranjang, dr. Elfira Firdaus menuturkan, hanya 12 Puskesmas yang mengikuti kegiatan Peduli ODGJ ini. Selain itu, kegiatan ini untuk menggenjot kepedulian terhadap sesama terlebih lagi pasien ODGJ.

“Mudah-Mudahan kedepannya kegiatan ini bisa diikuti semua puskesmas yang ada di Kabupaten Cianjur,”katanya.

(dil)