BNNK Cianjur Tes Urine Pegawai Lapas II B

BEBAS NARKOBA: Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cianjur melakukan gelar tes urin di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Cianjur, bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cianjur menggelar tes urine terhadao 103 pegawai lapas. Kegiatan yang dihelat Selasa (12/02) tersebut dilangsukan mendadak.

Tujuannya guna memeriksa prevalensi penyalahgunaan narkoba di lingkungan pegawai Lapas II B Cianjur.

Kalapas Kelas II B Cianjur, Gumilar Budi Rahayu menyebut, kegiatan tersebut sudah sesuai berdasarkan intruksi Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) nomor MHH-02.OT.03.01 Tahun 2016 tentang Penanganan Terhadap Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Kementrian Hukum dan HAM.

“Kegiatan ini merupakan bentuk upaya preventif guna mewujudkan lingkungan pegawai Lapas bersih dari penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya.

Disinggung terkait hasil tes urine, terdapat 2 pegawai lapas yang mengkonsumsi alkhohol dan 2 pegawai lapas yang terindikasi positif obat penenang.

Gumilar menjelaskan, sudah ada rilis langsung dari pihak BNNK yang memeriksa, bahwa pegawai tersebut dinyatakan positif karena habis menjalankan operasi cabut gigi di dokter gigi, bukan karena menjadi pecandu narkoba.

“Pastinya hasil tes positif itu karena baru selesai dari dokter, langsung kami tes urine,” jelasnya.

Ia juga memastikan, anak buahnya itu bebas dari narkoba.

“Kami pastikan pegawai Lapas II B Cianjur bersih, tidak ada yang positif menggunakan narkoba karena sengaja mengkonsumsi narkoba,” pungkasnya.

(kim)