Galian Kabel Bikin Ribet Dishub

FOTO: Hakim/ Radar Cianjur MENGHAMBAT: Galian kabel viber optik menjadi salah satu penyebab tertundanya perpindahan parkiran dari kiri ke kanan di Jalan Hos Cokro Aminoto.

RADARCIANJUR.com – Perpindahan tempat parkir di sepanjang Jalan HOS Cokroaminoto, dari yang sebelumnya berada di lajur kiri kembali ke lajur sebelah kanan seperti sedia kala terpaksa ditunda. Padahal awalnya, rencana tersebut dilakukan pada 4 Februari lalu.

Kepala Bidang Teknik Sarana dan keselamatan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, Prihadi Wahyu menyatakan, tertundanya perpindahan lahan parkir itu disebabkan adanya kegiatan penggalian dan pemasangan kabel viber optik yang berada di jalur kiri.

Sepanjang jalan perboden tersebut, terdapat delapan lubang galian yang ukurannya sekitar 1 x 1,5 meter yang masuk ke badan jalan.

“Memang seharusnya kemarin (awal Februari, red) tapi terhambat dengan adanya galian kabel,” ujar dia.

Kondisi tersebut, jelasnya, sudah dilaporkan Kepala Dinas Perhubungan kepada Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman. Akan tetapi, pihaknya juga memastikan, bahwa rencana tersebut tetap akan dijalankan.

“Artinya hanya penundaan sementara saja, tapi rencana tetap lanjut,” terangnya.

Prihadi mengugkap, ada alasan tertentu yang mendasari pihaknya menunda rencana tersebut. Yakni terkait kepadatan lalu lintas. Jika dipaksakan, dikhawatirkan malah akan menimbulkan kemacetan yang jauh lebih parah lagi.

“Jika dipaksakan , akan mengakibatkan kepadatan arus kendaraan yang mempersempit jalan,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya mengkhawatirkan pada malam hari ketika para pengendara kurang memperhatikan jalan yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

Prihadi menambahkan, pihaknya sejatinya sudah beberapa kali mencari perusahaan yang melakukan galian tersebut guna memastikan kapan proyek tersebut selesai.

“Kita beberapa kali mencari perusahaan galian kabel, tapi belum menemukan pihak yang melakukan proyek tersebut,” paparnya.

Kendati demikian, tegas dia, rencana perpindahan lahan parkiri itu akan dilakukan setelah proyek galian kabel itu rampung dikerjakan.

“Insya allah secepatnya kita bereskan setelah galiannya tuntas,” jelasnya.

(kim)