Alun-alun Cianjur Bebas Masuk untuk Pendidikan

Alun-alun Cianjur. Foto : Umar Saripudin/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Hadirnya Alun-alun Cianjur bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Tak hanya kawula muda saja, tapi juga warga masyarakat yang memanfaatkan alun-alun sebagai salah satu tujuan untuk berwisata bersama keluarga.

Akan tetapi, penggunaan alun-alun ini tidak sembarangan dan terlarang untuk beberapa jenis kegiatan. Semisal even panggung musik.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur, Muzani Saleh menuturkan, untuk menggunakan alun-alun untuk even atau kegiatan tertentu harus mengantongi izin.

“Izin tersebut harus ditempuh ke Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Cianjur. Satpol PP tidak sepenuhnya memiliki kewenangan untuk memberikan izin,” katanya.

Jika untuk kegiatan seperti wisata edukasi, piahknya mempersilahkan dan tanpa harus melihat jadwal buka-tutup.

“Kalau even atau kegiatan di luar seperti wisata edukasi itu izinnya harus ke setda. Kecuali seperti kunjungan siswa Paud, TK dan SD, bisa kapan saja tanpa harus menunggu jadwal dulu,” terangnya.

Jika waktu kunjungan lebih pagi, dirinya pun akan mempersilahkan tanpa harus berbekal surat izin. Karena pada dasarnya hal tersebut untuk kepentingan pendidikan.

“Ya kalau datangnya pagi juga akan kita layani, kita buka juga. Jadi tidak dilarang, kan kegiatannya juga jelas untuk belajar budaya. Tapi kalau Taman Pendopo itu tidak untuk umum,” paparnya.

(kim)