Alun-alun Cianjur Butuh Lahan Khusus Untuk Pedagang

Alun-alun Cianjur. Foto : Umar Saripudin/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kemegahan dan kemewahan Alun-alun Cianjur ternyata juga menjadi berkah bagi beberapa pedagang. Akan tetapi, tak sedikit pula yang mengeluh.

Asep (45), pedagang asongan asal Bojong, Karang Tengah ini mengaku sangat bersyukur ketika alun-alun ramai dikunjungi warga. Pasalnya, dipastikan, pundi-pundi rupiahnya bertambah.

Artinya, pedapatannya pun bisa bertambah dan bisa menjaga asap dapur tetap mengebul. Walaupun, ia harus sedikit ‘berinovasi’ dan kejar-kejaran dengan petugas Satpol PP.

“Alhamdulillah Kang, sangat terbantu pemasukan dari jualan saya semenjak adanya alun-alun. Apalagi kalau akhir pekan, tambah ramai,” ungkapnya.

Senada dengan Asep, Ujang (48) pedangan es cingcau pun merasakan berkah atas keberadaan Alun-alun Cianjur.

Sayangnya, Pemkab Cianjur tak menyediakan area khusus bagi para pedagang. Sehingga, para pedagang pun terkomsentrasi di satu area khusus.

“Kan lebih rapi, tertata dan teratur, Kang,” harapnya.

Pun demikian dengan Ai (42), pedagang keripik yang baru pertama kali berdagang di kawasan alun-alun. Warga asal Rancabali ini merasa begitu diuntungkan.

Harapannya sama. Pemkab Cianjur bisa lebih memperhatikan nasib para pedagang dengan menyediakan lokasi atau lahan khusus. Dengan begitu, pengunjung juga bisa memanfaatkan kawasan pedagang sebagai jujugan.

“Maunya ya dikasih tempat, jangan diusir. Karena kan kita juga mencari rezeki disini dan tidak mengotori bahkan merusak,” pintanya.

(kim)