Tebing Rp100 Juta Tergerus Longsor

LONGSOR: Akibat debit air sungai deras, tebing di Desa Sindanglaya mengalami longsor. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com-Akibat debit air sungai yang cukup deras dan tinggi, mengakibatkan tebing setinggi 37 meter yang berada di Kampung Tarigu, RT02 RW09 Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas mengalami longsor, pada Jumat (15/2) malam. Beruntung tidak ada korban jiwa, hanya saja Tembok Penahan Tanah (TPT) yang sudah dibangun oleh pemerintah Desa Sindanglaya mengalami rusak parah.

Kasie Pelayanan Umum Desa Sindanglaya, Heru Suyono mengatakan, kerusakan cukup lumayan parah. Bahkan hanya tersisa beberapa meter saja dari pembangunan TPT yang sudah dibangun sejak tujuh bulan lalu, dengan menggunakan dana Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat.

“Longsor terjadi dimungkinkan karena debit air yang cukup tinggi, mengingat saat ini cuaca pun cukup esktrem hujan deras, sehingga TPT dan tanggul tersebut tidak bisa menahan, hingga terjadi longsor yang cukup parah,” jelas Heru.

Ia mengatakan, pembangunan TPT yang rampung pada bulan Juli 2018 lalu itu memakan dana senilai Rp100 juta, dan dibangun sesuai aturan yang berlaku.

“Untuk itu, kami segera survei dan membuat laporan kepada BPBD dan BPMD Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RT 02 Desa Sindanglaya Asep Permana mengatakan, longsor terjadi pada Jumat malam dilingkungan RT 02 dusun dua sekitar pukul 21.00 WIB. Beruntung tidak sampai mengakibatkan korban jiwa.

“Mudah-mudahan bisa segera di respon kembali oleh pemerintah atau siapapun instansinya. Sehingga bisa dibangun lebih baik lagi,” kata Asep.

(dan)