Puting Beliung Ngamuk di Mande

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Senin (18/2) memporak-porandakan lima rumah warga di Kampung Cidamar RT1/9, Desa Bobojong, Kecamatan Mande.

RADARCIANJUR.com – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Senin (18/2) memporak-porandakan lima rumah warga di Kampung Cidamar RT1/9, Desa Bobojong, Kecamatan Mande. Selain rumah warga, puting beliung yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB itu juga menumbangkan sejumlah pohon. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Lima rumah warga yang rusak usai diterjang angin puting beliun itu sendiri menimpa rumah milik Aam, Udung, Yayan, Mamah, dan Esih.

Udung (45) salah satu warga yang rumahnya ambruk membeberkan, saat itu turun hujan dengan cukup lebat dan disertai angin kencang. Dalam sekitar tak sampai 30 menit, angin pun menumbangkan pepohonan disusul rumah-rumah warga yang rusak.

“Enggak ada korban, cuma kerugian materi saja,” katanya.

Ia menambahkan, akibat kencangan angin tersebut, sebagian rumah warga, utamanya bagian atap ada yang sampai runtuh.

“Ada yang rusak ringan. Ada juga yang rusah berat, sampai atapnya runtuh,” jelasnya.

Udung menyampaikan, kejadian itu sendiri juga sudah langsung dilaporkan ke pemerintah desa setempat. Karena itu, warga saat ini menunggu tindaklanjut atas laporan yang sudah dibuat.

Selai itu, dirinya bersama warga lainnya berharap agar Pemkab Cianjur bisa bergerak cepat serta bisa memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak.

“Ya berharap ada bantuan secepatnya dari Pemkab Cianjur,” harapnya.

Ia menambahkan, sejumlah rumah warga yang rusak itu semua ada di satu kampung, hanya berbeda RT/RW saja. Diantaranya RT1/9, dan RT2/8.

“Kalau kerugian material diperkirakan puluhan juta rupiah,” jelasnya.

Tak jauh berbeda disampaikan Yayan (50) dan Esih (42), dua warga lainnya yang rumahnya juga mengalami kerusakan.

“Saat kejadian kita masing-masing bisa menyelamatkan diri. Karena saat itu angin sangat kencang sekali,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Bobojong, H Ayi mengatakan, setelah ada laporan dari beberapa warga, pihaknya langsung bergerak cepat terjun ke lokasi. Selain itu juga dilakukan pendataan kerusakan, termasuk warga yang rumahnya rusak.

“Kami sudah mendata dan melaporkan bencana alam terjadi ke Polsek Mande dan dinas terkait. Sekarang tinggal menunggu bantuannya saja. Semoga bisa cepat direaliasasikan,” katanya.

(mat)