Jalan Desa Kubang Goreng Patut

MELINTAS: Salah seorang warga yang melintas jalan menuju Cipanas. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Akses jalan yang menjadi hal terpenting bagi roda ekonomi dan transportasi warga, semestinya baik dan layak. Apalagi menjadi salah satu wilayah yang memiliki hasil pertanian dan perkebunan yang baik di Cianjur Utara ini.

Kondisi berbatu dan tanah yang licin usai diguyur hujan, sudah menjadi makanan dan rutinitas setiap hari warga Desa Kubang. Sejumlah warga pun mengeluhkan hal tersebut.

Seperti yang diungkap salah seorang warga yang setiap hari melewati jalan menuju Puskesmas di Desa Kubang. Siti (26), warga asli Kecamatan Cilaku itu mengaku setiap hari selalu melewati jalan ini untuk bertugas di Puskesmas Kubang.

Apalagi, ia baru sebulan berdinas di puskesmas tersebut. Mau tak mau, ia dipaksa untuk memaklumi kondisi tersebut.

“Walaupun baru sebulan bertugas di Puskesmas, tetapi saya merasa miris dan prihatin dengan kondisi jalan dari Desa Sukanagalih ke Desa Kubang ini. Jalannya rusak parah, berbatu dan licin. Apalagi kalau hujan tiba, pasti tambah licin,” kata Siti.

Ia berharap, akses jalan tersebut bisa segera diperbaiki. Baik itu dari anggaran Pemerintah Kabupaten, ataupun dibantu dengan pengalokasian Dana Desa.

“Dari mana saja kang, yang penting bisa segera diperbaiki. Biar para warga dan siapapun yang melewati jalan ini bisa dengan layak,” ujarnya.

Senada dengan yang disampaikan salah satu tokoh masyarakat Desa Kubang, Misbah. Ia mengatakan, jalan di wilayah Desa Kubang memang seperti ini adanya. Jalan berbatu, dan rusak parah sudah lalaban bagi para warga.

“Jadi sudah tidak asing lagi. Kalau naik kendaraan itu tidak enak. Apalagi kalau pakai motor berboncengan, takut jatuh,” terangnya.

Ia berharap, agar kondisi tersebut tak dibiarkan terus menerus. Menginat jalan ini menyangkut akses kehidupan warga.

“Jangankan memperbaiki jalan raya dengan layak, jembatan di sungai pun dari dulu belum diperhatikan,” sesalnya.

(dan)