Sejumlah Rumah di Geger Bentang Ciloto Tertimpa Longsor

LONGSOR: Sejumlah warga melakukan kerja bakti rumah yang terdampak longsor. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Akibat curah hujan dan debit air yang cukup tinggi, mengakibatkan longsor hingga menimpa sejumlah bangunan di Kampung Geger Bentang RT 05 RW III Desa Ciloto Kecamatan Cipanas, sekitar pukul 17.30 Wib, Senin (25/2). Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka. Hanya saja kerugian material ditaksir hingga puluhan juta rupiah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Cianjur, terjadinya tanah longsor yang mengakibatkan sebuah rumah milik Ibu Janah (35) mengalami keretakan, dan sebagian ruangan kamar tergantung.

“Selain itu, longsoran tersebut jatuh mengenai rumah Yayat (45) warga Kampung Geger Bentang, dan juga mengakibatkan dua kamar tidur ambruk, serta berdampak kepada rumah milik Selamat Riyadi (50), kamar dan ruangan tamunya retak. Karena bangunannya berhimpitan,” papar Bhabinkamtibmas Desa Ciloto, Aiptu Yayan Kurniawan kepada wartawan, kemarin.

Dikatakan Yayan, penyebab terjadinya longsor karena curah hujan yang sangat lebat dan lama sejak pukul 16.00 Wib Senin (25/2). Menurutnya, rumah tersebut diduga dibangun di atas bekas pembuangan sampah yanh tidak terlalu padat.

“Waktu itu rumah ini dibangun atas bantuan dari Dinas PUPR melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2018,” kata Yayan.

Setelah dilakukan cek Tempat Kejadian Perkara (TKP), lanjutnya, pihak Bhabinkamtibmas mendata para pemilik rumah, serta melakukan himbauan kepada para warga sekitar untuk bahu membahu kerja bakti memperbaiki rumah yang rusak tersebut sesuai kondisi, dan kemampuan masing-masing.

“Kami mengimbau untuk senantiasa waspada jika terjadi longsor susulan, dan ketika terjadi hujan lebat kembali. Serta mengadakan musyawarah antara pihak Ibu Janah pemilik rumah longsor, bersama Bapak Riyadi, dan Bapak Yayat yang terkena dampak longsoran tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ciloto, Tjutju Hidayat mengatakan, pihaknya sudah menindaklanjuti adanya kejadian longsor tersebut dengan melakukan kerja bakti, antara warga dan yang terkena longsoran.

“Kami akan segera memperbaikinya. Dan Insya Allah materialnya akan dibantu oleh Pemerintah Desa Ciloto,” kata Tjutju.

Ia mengatakan, sejumlah bahan yang akan disediakan Pemdes diantaranya batako, semen, pasir, dan kebutuhan lainnya. Agar rumah warga tersebut bisa cepat digunakan kembali.

“Iya sekitar 30 juta mungkin kang, kami akan bantu warga yang terkena musibah tersebut,” tandasnya.

(radar cianjur/dan)