Harus Dikaji Terlebih Dahulu

BERJEJER: Sejumlah ruko di Cipanas berjejer, dimana ruko-ruko tersebut rencananya akan segera direvitalisasi. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Polemik revitalisasi atau penertiban pertokoan di wilayah Desa Cipanas ditanggapi oleh beberapa pemangku kebijakan di wilayah Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur.

Seperti halnya Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, terkait rencana revitalisasi pertokoan di kawasan Cipanas, pihaknya akan melakukan pengkajian terlebih dahulu proses yang akan dilakukan. Artinya untuk saat ini belum bisa menjelaskan secara rinci tindakan yang akan dilakukan Pemerintah Daearah Kabupaten Cianjur.

“Kami akan mengkaji dahulu. Mungkin nanti setelah beres dari perhelatan Pemilihan Umum mendatang, baru akan ada keputusan mengenai revitalisasi pertokoan di wilayah Desa Cipanas tersebut,” singkatnya.

Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Cianjur, Himam Haris mengatakan, rencana revitalisasi maupun penertiban sebaiknya di kaji lebih lanjut. Karena daripada revitalisasi sebaiknya bisa di prioritaskan terlebih dahulu tentang penataan terminal Pasar Cipanas yang akan lebih menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.

“Jadi mesti dipertimbangkan dahulu rencana tersebut. Apalagi untuk rehab lingkungan. Padahal Pemerintah desa kan sudah banyak hasil pendapatan yang tengah dikelola. Mendingan membereskan dulu fasilitas dan sumber lainnya untuk menjadi hasil Pendapatan Asli Desa (PAD),” ujarnya.

Himam menuturkan, untuk bisa lebih memprioritaskan para pedagang yang sudah cukup lama berjualan di pertokoan tersebut. Menurutnya, hal-hal yang harus dipertimbangkan itu lebih baik. “Kalau misalnya ada usulan dari Plt Bupati Cianjur untuk tidak dulu di tertibkan, mendingan seperti itu. Apalagi sekarang lagi menuju Pemilu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Trantib Pol PP Kecamatan Cipanas, Ade Nuroddin mengatakan, mengenai rencana penertiban pertokoan di kawasan Desa Cipanas pihaknya akan menunggu instruksi Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Cianjur.

“Kami menunggu instruksi dari atasan. Apalagi untuk penertiban seperti ini, jika memang sudah ada intruksi untuk penertiban tentunya kami pun akan segera melakukan penertiban,” tegasnya.

(radar cianjur/dan)