Pemdes Ngebet Bongkar Ruko Cipanas

BERJEJER: Sejumlah ruko di Cipanas berjejer, dimana ruko-ruko tersebut rencananya akan segera direvitalisasi. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

POJOKJABAR.com, CIANJUR-Pemerintah Desa (Pemdes) Cipanas akan segera melakukan pembongkaran sekitar 14 Ruko yang berada di wilayah Desa Cipanas. Pembongkran dilakukan terkait rencana akan dilakukannya revitalisasi ruko tersebut.

Kepala Desa Cipanas, Dadan Busyrol Karim menuturkan, hasil dari pembahsan kaitan dengan adanya putusan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi, Pemdes Cipanas akan secepatnya segera melakukan penertiban dikawasan pertokoan Pasar Cipanas, yang mana wilayah itu merupakan aset milik Pemdes Cipanas.

Menurutnya, kaitan cara yang akan ditempuh mengenai penertiban 14 ruko tersebut, pihaknya mengakui akan segera memberikan surat peringatan untuk pengosongan lahan kepada para pedagang yang ada di pertokoan atau ruko di wilayah milik Desa Cipanas.

“Dari hasil rapat tempo hari, adanya perwakilan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Cianjur, Polres, Satpol PP, dan sejumlah pihak lainnya. Intinya kami akan menunda pengamanan aset tersebut. Karena adanya arahan dari Polres dan Pkt Bupati Cianjur, agar penertiban ditunda dahulu hingga selesainya Pemilihan Umum (Pemilu) nanti,” kata Dadan.

Ia mengungkapkan, sebetulnya upaya untuk segera dilakukan penertiban atau pengamanan ini sudah dari jauh-jauh hari. Bahkan proses ini pun hampir dua tahun. Untuk itu, Pemdes Cipanas menginginkan segera adanya keputusan dan surat secara tertulis baik dari Pemda maupun Polres. Kaitan adanya penundaan ataupun menghargai keputusan penundaan pengamanan aset.

“Kami pun (Pemdes Cipanas, red) sudah memberikan surat permohonan kepada Pemda (Plt Bupati Cianjur, red) dan Polres kaitan hal kejelasan penundaan. Diharapkan dari Pemda pun bisa segera ada jawaban surat tertulis yang jelas,” terangnya.

Dijelaskannya, luas lahan Desa Cipanas yang saat ini ditempati pertokoan atau ruko sekitar 3.200 meter, terdapat 14 ruko yang akan segera ditertibkan (Dibongkar, red), dan nantinya akan dibangun sekitar 21 ruko.

Dadan menambahkan, dalam tahap kasasi pun tindakan penertiban dan pengamanan aset desa ini, pihak kasasi sudah menyerahkan keputusannya kepada pemerintah Desa Cipanas. “Mungkin itu pula yang menjadi arahan atau dasar dari pengamanan aset desa ini,” pungkasnya.

(radar cianjur/dan)