Keroyokan Perbaiki Tanggul Cidamar

Keroyokan Perbaiki Tanggul Cidamar

RADARCIANJUR.com – Komunitas Papalidan Cidaun (KOMPACID) Cianjur bersama muspika, pemerintah desa (Pemdes) setempat juga pelajar dan warga melaksanakan gerakan aksi sosial melalui gotong royong. Salah satunya memperbaiki Tembok Penahan Tanah (TPT) atau tanggul Sungai Cidamar yang jebol akibat diterjang banjir di Kampung Jogjogan RT5/5, Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Minggu (10/3).

TPT Sungai Cidamar itu sendiri jebol pada Jumat (8/3) lalu karena tak bisa menahan debit dan derasnya air yang cukup besar.

Ketua Kompacid, Surya Djaya mengatakan, bahwa ide ini awalnya dicetuskan bersama seluruh anggota dan dokumenter Cidamar usai mendapat kabar tanggul tersebut jebol. Sayangnya, kendati mengerahkan seluruh anggotanya, tak akan mampu memperbaiki tanggul tersebut.

Karena itu, pihaknya berinisiatif mengajak seluruh elemen yang ada, termasuk pelajar, untuk bergotongroyong bersama-sama memperbaiki tanggul tersebut.

“Maka itu kami berkordinasi dengan rekan-rekan untuk menambah kekuatan dengan melibatkan semua golongan,” katanya kepada Radar Cianjur.

Surya menyambungkan, pelaksanaan bersih-bersih melalui gotong royong ini adalah inisiatif untuk mengundang dan membuat wadah ‘All Komunitas’ yang ada di Cidaun tergabung dalam Gabungan Komunitas Peduli Cidaun (GKPC).

“Kami prioritaskan dan harus segera dilaksanakan secepat mungkin mengingat dan menimbang karena bulan ini masih masuk musim penghujan,” jelas Surya.

Bila tanggul terus dibiarkan rusak, pihaknya khawatir akan berdampak buruk untuk keamanan warga yang ada di sekitaran sungai Cidamar, terutama warga di sekitar tanggul.

Apalagi, di bawah tanggul tersebut, terdapat wisata arung jeram yang memiliki potensi wisata cukup besar.

“Lebih dari itu mengancam keselamatan warga sekitar tanggul,” katanya.

Akan tetapi, tekan dia, tanggul yang dibangun bersama-sama itu sifatnya masih sementara. Pasalnya, dalam pengerjaannya, dilakuan secara manual dan alat seadanya.

“Jadi sifatnya hanya untuk sementara. Kami harapkan bisa dibangun tanggul permanen,” harapnya.

Sementara, Camat Cidaun, Herlan Suherlan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh apa yang dilakukan warga dan komunitas-komunitas yang peduli dengan kondisi Sungai Cidamar sekaligus keselamatan warga sekitar.

Pihaknya berharap, agar kepedulian serupa bisa terus dilakukan secara kontinyu.

“Kita tentunya support apa yang dilakukan, apalagi mengajak pelajar. Sehingga bisa menanamkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, termasuk sungai juga perlu dijaga,” katanya.

(mat)