Disdukcapil Cianjur Jemput Bola Jaring Pemilih Pemula

PEREKAMAN: Petugas Disdukcapil sedang melakukan perekaman e-KTP di SMAN 1 Cianjur.Foto: Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur melaksanakan Percepatan Perekaman e-KTP bagi pemilih pemula di SMA Negeri 1 Cianjur, Selasa (12/3).

Perekaman secara jemput bola ini dilaksanakan sesuai dengan intruksi Dirjen Dukcapil Kemendagri untuk meminimalisir warga yang tidak berpartisipasi pada Pemilu.

Kasi Identitas Penduduk Disdukcapil Cianjur Yudi Nugraha mengatakan, Perekaman dilaksanakan bagi Usia Pemula yang sudah menginjak 17 tahun atau Wajib memiliki KTP.

“Kebetulan ini kita sedang berjalan, kita sudah melaksanakan jemput bola ini dari bulan Januari lalu, saat ini kita laksanakan di SMAN 1 Cianjur, langsung kita rekam dan cetak e-KTPnya,” katanya.

Yudi menjelaskan, perekaman secara jemput bola ini dilakukan karena usia Pemula masih berada di usia pendidikan, secara otomatis harus langsung mendatangi sekolah untuk mempercepat perekaman dan percetakan.

“Sesuai surat dari Dirjen Dukcapil Kemendagri kita lakukan percepatan perekaman dan percetakannya, untuk ikut serta dalam Pemilu 2019 nanti, apalagi mereka kan merupakan pemilih potensial, maka dari itu jangan sampai mereka terhambat karena belum memiliki KTP sebagai syarat untuk pemilih,” jelasnya.

Yudi mengatakan, perekaman ini dilaksanakan selama satu hari, untuk jumlah keseluruhan ada 600 orang siswa, akan tetapi setelah disinkronisasi datanya ada sekitar 80 siswa yang belum sama sekali mengikuti proses pembuatan administrasi kependudukan.

“Sebelumnya ada 600 orang, tapi setelah kita saring dan disinkronkan data dengan kami ada sekitar 80 orang, karena sudah ada yang sebelumnya direkam dan sudah memiliki e-KTP,” katanya.

Yudi menambahkan, pihaknya akan terus melaksanakan jemput bola agar proses percepatan administrasi kependudukan bisa dilaksanakan.

“Selain di SMA Negeri 1, minggu depan kita akan ke sekolah lainya untuk melaksanakan perekaman dan percetakan e-KTP pemilih pemula,” pungkasnya.

(radar cianjur/dil)