Kejari Cianjur Beri Pemahaman Hukum

Kejaksaan Negeri Cianjur sedang menggelar Penyuluhan dan Penerangan Hukum di Kantor Kelurahan Bojongherang. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kejaksaan Negeri Cianjur menggelar Penyuluhan dan Penerangan Hukum dalam rangka Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (Binmatkum) di Aula Kantor Kelurahan Bojongherang (13/3)

Hal itu dilakukan sebagai upaya mempertajam pengetahuan serta pemahaman masyarakat mengenai pelaksanakan ketentuan dalam berbagai peraturan perundang-undangan.

Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Cianjur, Mali Diaan SH mengatakan, penyuluhan sengaja dilakukan untuk memberikan pemahaman masyarakat terkait hukum.

Pihaknya berharap, dengan penyuluhan tersebut, bisa menekan terjadinya tindakan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh masyarakat.

Sedangkan untuk sasaran penyuluhan, kata Mali, tidak terfokus pada segmen tertentu saja.

“Pembinaan sudah rutin dilakukan yang sasarannya seperti aparatur negara, organisasi masyarakat, tokoh-tokoh, masyarakat, mahasiswa dan pelajar,” katanya.

Sebelumnya, kata dia, kegiatan serupa dilaksanakan terhadap pelajar di sekolah. Selain memberikan pemahaman soal hukum dan perundangan, pihaknya juga memberikan pemahaman bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

“Untuk di Cianjur, pembinaan secara khusus diberikan secara khusus terhadap perangkat kelurahan dan pemerintah desa,” katanya.

Fokus kepada perangkat kelurahan dan pemerintah desa ini, terangnya, dilakukan untuk menghindari adanya misadministrasi yang berujung pada pelanggaran hukum.

Lanjut Mali, pada kesempatan itu juga dilakukan sosialisasi pinjam pakai barang bukti secara gratis.

“Jika ada masyarakat yang mau pinjam pakai barang bukti, bisa dengan mudah dan digratiskan,” pungkasnya.

(dil)