Kereta Api Sukabumi-Ciranjang Siap Beroperasi Akhir Maret

Foto: Ilustrasi

RADARCIANJUR.com -Akhir Maret nanti, masyarakat Cianjur yang hendak ke Sukabumi dipastikan akan lebih mudah menempuh perjalanan dan tak perlu repot berganti-ganti angkutan. Pasalnya, rute Kereta Api (KA) Siliwangi rute Cianjur-Sukabumi, akan diperpanjang hingga stasiun Ciranjang.

Kabar tersebut dibenarkan Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus, saat dikonfirmasi Radar Cianjur, Kamis (14/3) kemarin.

Ia menyatakan, rencana realisasi rute Ciranjang-Cianjur yang dilanjutkan dengan rute Cianjur-Sukabumi itu akan dilaksankan pada akhir Maret 2019 ini.

“Untuk Cianjur–Padalarang itu dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dari pemerintah, saat ini sedang menghidupkan kembali (jalurnya, red),” ungkapnya.

Untuk reaktivasi jalur Cianjur-Sukabumi, menjadi tahap pertama proses pengerjaan dan akan segera dioperasikan kembali.

“Terakhir, informasi yang kami dapatkan dari teman-teman DJKA, di akhir Maret nanti akan dioperasikan,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Joni, kemungkinan jalur yang akan diperpanjang adalah Sukabumi-Cianjur-Ciranjang.

“Artinya, skenarionya kemungkinan Kereta Api Siliwangi yang tadinya Sukabumi–Cianjur akan diperpanjang jadi Sukabumi–Cianjur–Ciranjang,” jelasnya.

Sementara, kabar terkait diperpanjangnya jalur kereta api Sukabumi-Cianjur-Ciranjang itu disambut antusias warga dan para pecinta moda transportasi kereta api.

Ketua Railfans Cianjur, Mohamad Reza Fauzi berharap, setelah dibukanya jalur Cianjur-Ciranjang, pemerintah bisa meneruskan pengoperasian kereta api sampai dengan Padalarang-Bandung.

“Saya sangat mendukung meski baru sampai Ciranjang karena melihat volume kendaraan di jalan raya yang semakin hari semakin banyak,” ujar Reza, di Cianjur, Selasa (14/3).

Menurutnya, tiap kali memasuki akhir pekan, volume kendaraan akan meningkat drastis sehingga akan menyebabkan kemacetan di sejumlah titik. Seperti di Pasar Ciranjang, perlintasan rel Haurwangi, dan Pasar Rajamandala.

“Belum lagi saat masuk pabrik dan jam pulang pabrik di kawasan Tungturunan,” kata Reza.

Reza mengatakan, hal tersebut merupakan bagian dari reaktivasi jalur KA Cianjur-Padalarang tahap pertama.

Reza mengaku, pihanya juga sudah mendapat kabar kepastian dari PT KAI Daop 2 Bandung, bahwa rangkaian kereta yang akan digunakan rencananya adalah KA Siliwangi yang saat ini sudah beroperasi dengan rute Sukabumi-Cianjur.

Menurutnya kalau dilihat spanduk-spanduk di perlintasan dari teman-teman DJKA sudah dipasang. KA Cianjur-Padalarang sudah aktif, masyarakat banyak pilihan untuk berangkat ke Jakarta.

“Jika Cianjur-Padalarang tersambung, masyarakat akan banyak pilihan. Jadi tidak hanya Bandung-Purwakarta-Jakarta, nanti akan bisa lewat Selatan. Bandung-Cianjur-Sukabumi-Jakarta,” katanya.
(dil)