Satlantas Polres Cianjur Incar Pengendara Nunggak Pajak

Petugas sedang memeriksa kendaraan yang melintas di pertigaan Rancagoong. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Ini bisa jadi peringatan keras bagi para pemilik kendaraan bermotor di Cianjur yang tak membayar atau telat melunasi tunggakan pajak kendaraannya. Pasalnya, bayar di tempat pun diterapkan.

Hal itu diawali dengan operasi gabungan yang digelar Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Cianjur di pertigaan Rancagoong, Senin (18/3/2019).

Dalam operasi tersebut, bukan hanya melibatkan petugas kepolisian dari Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur. Melainkan juga personil Polisi Militer, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur.

Operasi gabungan tersebut dilakukan untuk menjaring kendaraan tidak melakukan daftar ulang (KTMDU).

Kepala Seksi Pendataan dan Penagihan Bapenda Jawa Barat, Zaki Abas menyampaikan, operasi gabungan itu menyasar para pemilik kendaraan yang menunggak pembayaran tunggakan pajaknya.

“Operasi gabungan penunggak pajak akan dilakukan sampai dengan enam hari kedepan,” bebernya, kemarin.

Zaki menyatakan, selain operasi gabungan selama sepakan penuh, lokasi atau titik operas gabungan pun akan berpindah-pindah. Akan tetapi, pihaknya enggan menyampaikan detil lokasi yang akan disasar untuk menggelar operasi dimaksud.

“Lokasinya (operasi, red) tidak tetap, yang jelas berbeda-beda, di Cianjur, Cilaku dan Cipanas,” ungkapnya.

Zaki menjelaskan, bagi mereka yang terjaring dalam operasi ini, diminta untuk melunasi langsung tunggakan pajak kendaraan miliknya yang belum dibayarkan saat itu juga, sekaligus membayar denda keterlambatannya.

Jika memang pada saat terjaring operasi pengendara tak membawa uang atau uangnya tidak cukup, maka akan dilakukan penyitaan.

“Terpaksa STNK kendaraan yang bersangkutanya ditahan dulu sampai wajib pajak tersebut menyelesaikan masalah administrasi pajaknya,” jelasnya lagi.

Zaki menyatakan, operasi gabungan ini dilakukan sebagai salah satu upaya mendorong wajib pajak kendaraan bermotor di Cianjur agar tidak mengabaikan kewajiban pajak kendaraannya.

“Razia ini akan terus digelar secara berkelanjutan. Jadi yang tidak mau kena razia, segera bayar kewajiban Anda sebelum jatuh tempo,” wantinya.

Zaki mengatakan, untuk mempermudah wajib pajak dalam membayar pajak kendaraannya, kini pihaknya menyediakan Samsat Keliling yang setiap hari mengunjungi masyarakat ke kecamatan-kecamatan secara bergiliran.

“Jadi tidak ada alasan bagi wajib pajak untuk menunggak pajak, karena masyarakat bisa lebih mudah melakukan pembayaran pajak kendaraannya,” tegasnya.

(dil)