KPU Sosialisasikan Jumlah Kertas Suara

RADARCIANJUR.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan sosialisasi untuk mengingatkan masyarakat mengenai pelaksanaan pencoblosan mendatang.

KPU menyosialisasikan, dalam pelaksanaan pencoblosan nanti, akan ada lima kertas suara yang akan dicoblos para pemilik hak suara. Lima kartu suara itu yakni, warna kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD RI, biru untuk DPRD Provinsi, hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota, dan warna abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden.

Pemilihan warna ini berdasarkan Keputusan KPU Republik Indonesia, tentang desain surat suara dan desain alat bantu coblos (template) bagi pemilih tunanetra pada Pemilu Tahun 2019.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi menjelaskan, bahwa pilkada serentak yang dilaksanakan tahun ini memang agak berbeda dari jumlah kertas surat suara yang harus dicoblos. “Ada lima kertas suara yang harus dicoblos saat berada di bilik suara nanti, untuk presiden, DPD RI, DPR, DPR Provinsi dan DPRD Kab/kota. Jadi, jangan lupa semuanya ada lima kertas suara yang harus dicoblos,” ujarnya.(*/yaz)